Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230427 WA0037

Kuliner

2 Inovasi Makanan Khas Bojonegoro yang Wajib Dicicipi

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro dikenal kaya akan kuliner. Seiring perkembangan modernitas, Banyak dilakukan inovasi kuliner yang menjadi hidangan khas Bojonegoro oleh pelaku kuliner Bojonegoro. Dua di antara hidangan khas tersebut memenangi lomba memasak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (27/4/2023).

Dua hidangan khas Bojonegoro yang menjadi juara lomba tersebut adalah Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon dari Kecamatan Sumberrejo dan Buah Rimba/Markisa Hutan dari Kecamatan Tambakrejo. Dua hidangan tersebut merupakan pemenang dari lomba yang diikuti perwakilan 28 kecamatan di wilayah Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memuji kreativitas para peserta dalam memodifikasi makanan. Bahan yang sederhana diolah menjadi menu masakan yang khas dan punya rasa yang siap menggoyang lidah.

“Saya bertanya bagaimana cara membuatnya, ternyata dengan mengambil sari melon dan dicampur dengan tepung kemudian dibuat adonan mi,” ya. Menurut Bupati, Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon merupakan penemuan baru di bidang kuliner.

Selain olahan sari melon, Bupati juga memuji olahan kuliner dari kekayaan alam di Kecamatan Tambakrejo yaitu Markisa Hutan/Buah Rimba. Bupati menuturkan baru pertama kalinya melihat buah markisa hutan diolah menjadi kuliner. Dan ini merupakan potensi wisata lokal.

“Saya mengapresiasi para pemenang dari Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Tambakrejo,” tambah Bupati Anna.

Bupati Anna berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro untuk terus membudidayakan dan mempromosikan kedua hidangan tersebut sebagai produk unggulan Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Lima tahun dalam  pengabdiannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mempersembahkan sebuah buku berjudul “Membangun Sejak dalam Pikiran”, Pembangunan dari Titik Paling Pinggir Menuju...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Sebuah buku inspiratif, berjudul ‘Membangun Sejak Dalam Pikiran’ karya Anna Mu’awanah dibedah di Pendopo Malowopati Sabtu (23/9/2023). Acara ini sekaligus menjadi perpisahan...

X