Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuliner

2 Inovasi Makanan Khas Bojonegoro yang Wajib Dicicipi

IMG 20230427 WA0037

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro dikenal kaya akan kuliner. Seiring perkembangan modernitas, Banyak dilakukan inovasi kuliner yang menjadi hidangan khas Bojonegoro oleh pelaku kuliner Bojonegoro. Dua di antara hidangan khas tersebut memenangi lomba memasak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (27/4/2023).

Dua hidangan khas Bojonegoro yang menjadi juara lomba tersebut adalah Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon dari Kecamatan Sumberrejo dan Buah Rimba/Markisa Hutan dari Kecamatan Tambakrejo. Dua hidangan tersebut merupakan pemenang dari lomba yang diikuti perwakilan 28 kecamatan di wilayah Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memuji kreativitas para peserta dalam memodifikasi makanan. Bahan yang sederhana diolah menjadi menu masakan yang khas dan punya rasa yang siap menggoyang lidah.

“Saya bertanya bagaimana cara membuatnya, ternyata dengan mengambil sari melon dan dicampur dengan tepung kemudian dibuat adonan mi,” ya. Menurut Bupati, Mi Paralon Pangsit Patin Buah Melon merupakan penemuan baru di bidang kuliner.

Selain olahan sari melon, Bupati juga memuji olahan kuliner dari kekayaan alam di Kecamatan Tambakrejo yaitu Markisa Hutan/Buah Rimba. Bupati menuturkan baru pertama kalinya melihat buah markisa hutan diolah menjadi kuliner. Dan ini merupakan potensi wisata lokal.

“Saya mengapresiasi para pemenang dari Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Tambakrejo,” tambah Bupati Anna.

Bupati Anna berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro untuk terus membudidayakan dan mempromosikan kedua hidangan tersebut sebagai produk unggulan Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam menyambut hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024, Polres Bojonegoro menggelar Bakti Religi di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (14/6/2024)....

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro kembali salurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada warga...

X