Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

3 Poktan Asal Bojonegoro Raih Penghargaan Agribisnis Tingkat Jawa Timur

BDiK1moVsBXGF4Er

Bojonegoro.com – Tiga Kelompok Tani (poktan) asal Kabupaten Bojonegoro menjuarai lomba agribisnis tanaman pangan dan holtikultura tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022. Lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Tiga poktan tersebut di antaranya Kelompok Tani Sengon Agung ll asal Desa Sengon, Kecamatan Ngambon yang menjadi juara dua kategori Agrobisnis Jagung. Kedua adalah Kelompok Tani Mekar Sari asal Desa Ringinrejo Kecamatan Kalitidu menjadi juara dua kategori agrobisnis buah. Poktan ketiga adalah Kelompok Tani Bunda Arum Asal Desa Wedi, Kecamatan Kapas yang menjadi juara tiga kategori Pelaku Usaha Olahan Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro Helmi Elisabeth mengapresiasi penuh atas prestasi poktan asal Bojonegoro yang mampu berprestasi dan memberi contoh pada poktan lainnya.

“Selamat kepada poktan yang menang pada 3 kategori lomba agribisnis. Saya berharap, poktan yang menang menjadi contoh yang menyemangati seluruh poktan di Kabupaten Bojonegoro agar terus membenahi manajemen dan tata kelola kelembagaannya. Serta memperluas jaringan kerjasama dengan para pihak di sektor pertanian sehingga menjadi lebih produktif,” tutur Helmi, Kamis (29/9/2022).

Pendampingan dari DKPP, lanjutnya, terkait dengan peningkatan kapasitas kelembagaan. Baik kapasitas SDM maupun kapasitas usaha pertaniannya.

Terpisah, Ketua Kelompok Tani Sengon Agung ll, Beno Sukarno (37) mengaku sangat bersyukur dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kelompok petani di wilayah Bojonegoro.

Dia menjelaskan senang bisa menjadi juara dua se-Jatim yang diikuti seluruh perwakilan kelompok tani di berbagai wilayah dari 34 Kabupaten dan Kota. Penghargaan ini menjadi motivasi untuk selalu semangat dalam memajukan industri pertanian di Bojonegoro.

“Terimakasih kepada semua pihak khusus nya Ibu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten beserta jajarannya yang telah ikut membantu dan mendukung , Kelompok Tani Sengon Agung ll untuk selalu produktif dalam industri Pertanian. Tentunya support-nya selama ini memberikan bimbingan kepada kami sehingga bisa seperti ini,” katanya. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Banyaknya penerangan jalan umum (PJU) yang telah dipasang Pemkab Bojonegoro di seluruh wilayah kecamatan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan adanya PJU, masyarakat...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Ratusan warga Bojonegoro memadati lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Bulog di...

X