Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik dan Pemerintahan

31 Rekomendasi DPRD Bojonegoro Saat Paripurna Istimewa Penyampaian LKPJ Bupati 2022

IMG 20230324 WA0064

Bojonegoro.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro menggelar rapat Paripurna Istimewa dengan agenda Penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bojonegoro tahun 2022. Jumat, 24/03/2023.

Dalam penyampaian rekomendasi yang dibacakan oleh wakil ketua DPRD Bojonegoro Miitroatin menegaskan Keputusan DPRD kabupaten Bojonegoro nomer 08/2023 tentang rekomendasi DPRD kabupaten Bojonegoro terhadap LKPJ Bupati Bojonegoro tahun 2022,

Mengingat dan seterusnya, meninbang dan seterusnya memperhatikan dst menetapkan, memutuskan :

1. Rekomendasi DPRD Bojonegoro terhadap LKPJ Bupati Bojonegoro tahun 2022.

2. Rekomendasi sebagaimana diktum ke 1 (satu) memberikan catatan catatan strategis kepada bupati Bojonegoro.

3. Keputusan ini ditetapkan di Bojonegoro 24 Maret 2023 dan ditandatangani oleh ketua DPRD Bojonegoro.

Ada 31 rekomendasi dan saran strategis yang dikeluarkan oleh DPRD Bojonegoro guna pemerintahan kabupaten Bojonegoro untuk lebih meningkatkan kinerja dan kualitas dalam pembangunan yang ditujukan khusus di masing masing OPD.

Rekomendasi tersebut diantaranya di bidang kesehatan, pemerintah didorong untuk melakukan perbaikan pelayanan di rumah sakit dan puskesmas.

Dalam penyampaian tersebut DPRD juga memberi apresiasi atas prestasi RSUD  Sosodoro Djatikoesumo dengan diterimanya penghargaan dari Kemenpan RB, RSUD Sumberjo atas penghargaan dalam inovasi publik serta capaian program kerja. Rekomendasi selanjutnya adalah pemerintah daerah dituntut melakukan perbaikan pelayanan di rumah sakit dan puskesmas.

Di bidang perikanan dan peternakan DPRD mengapresiasi peningkatan capaian indikator populasi dan produksi yang mencapai target dan mendorong dinas terkait memperbanyak pembibitan ikan yang berkualitas baik untuk disebar di wilayah embung desa dengan melibatkan kelompok masyarakat.

Dibidang pendidikan, DPRD memberikan rekomendasi kepada eksekutif untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada sekolah penerima BOS agar persoalan hukum terkait pengelolaan dana BOS bisa diminimalisir.

Baca Juga :  Hadiri Peluncuran Tahapan Pilkada 2024, Pj Bupati Bojonegoro Dorong Warga Gunakan Hak Pilih 

“Kami juga mengapresiasi kepada dinas pendidikan, yang mampu menuntaskan program hibah bagi TK/PAUD sebanyak 47 lembaga tahun 2021 dan 35 lembaga tahun 2022,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut DPRD melalui Mitroatin juga mengapresiasi kinerja bupati Anna Mu’awanah dan berterima kasih atas kerjasamanya selama 5 tahun terakhir.

Sementara itu dalam pidato sambutannya Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2022 merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh konstitusi. Dengan tujuan sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah selama satu tahun.

“Dalam nota LKPJ menggambarkan mengenai visi misi, laporan pengelolaan keuangan dan capaian kinerja pemerintahan selama satu tahun di 2022,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Anna menyampaikan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Bojonegoro selama setahun, mulai dari tata kelola pemerintahan dan layanan publik serta pembangunan, juga sejumlah capaian prestasi yang diraih, baik skala regional maupun nasional tentunya tidak lepas dari peran semuanya, baik eksekutif dan legislatif serta elemen masyarakat lainnya.

“Karenanya kami berharap kerja sama eksekutif bersama legislatif serta Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro sangat dibutuhkan, meskipun upaya yang dilakukan tentunya masih banyak kekurangan, sehingga perlu masukan yang konstruktif,” tambahnya.

Bupati Juga mengaskan apabila dalam pelayanan maupun kinerja yang masih kurang optimal pihaknya juga meminta DPRD untuk memanggil Dinas terkait guna mendapatkan penjelasan langsung yang menyeluruh.

Di akhir sambutannya Bupati menjawab terkait persoalan kepemudaan yang mana pada tahun ini pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga juga sudah menggandeng insan olah raga yang ada di kabupaten Bojonegoro baik Koni maupun IPSI dengan Program K-POP yang nantinya akan mendukung semangat para atlet yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro melalui Sat Samapta menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada anak yatim piatu dan warga yang membutuhkan dalam rangka menjelang Hari Bhayangkara...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro kembali salurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada warga...

X