Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Anggrek, Tanaman Hias Favorit Warga Magelang

IMG 20200928 132305

MAGELANG – Senin, 28/09/20 Candi Borobudur adalah icon Kota Magelang, semua orang tahu, tapi bagi penggemar tanaman hias, khususnya anggrek, Magelang adalah kota budidaya anggrek, Angrek menjadi tanaman hias favorit bagi masyarakat Kota Magelang. maka tidak heran kita bisa melihat hampir disetiap rumah ada tanaman angrek yang menghiasi halaman rumah warga.

Dyah Kartika (36 Thn) Warga Honggosari, Jogonegoro, Kecamatan. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah ini misalnya, dirumahnya terdapat berbagai jenis anggrek yang ditanam mengihiasi setiap sudut rumahnya. Tidak hanya menaman, Dyah juga membudidayakan anggrek miliknya. Ibu 2 anak ini suka anggrek sejak kecil karena melihat ibunya yang penyuka anggrek juga.

Ada puluhan tanaman anggrek dari berbagai jenis yang menjadi koleksinya. Diantaranya anggrek jenis Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda, dan Cattleya.

Ditemui dirumahnya Laguna Regency, Dyah menyambut hangat awak media, suka anggrek juga ya mas, tanya Dyah membuka obrolan. Ini koleksi tanaman anggrek saya, tidak banyak sih, namun cukuplah untuk mengisi waktu dimasa pandemi ini, ungkap Dyah bersahabat. Kalau untuk pemula yang ingin menaman angrek, saya sarankan memilih angrek jenis Dendrobiyum, jenis ini paling mudah ditanam karena tahan banting, panas oke dingin oke, full ray and full rain mampu bertahan jelas Dyah.

Kalau yang ini beda lagi, ini Jenis anggrek bulan (phalaenopsis) daunnya lebar, membutuhkan sinar lebih sedikit, jadi menaruh tanamanan anggreknya membutuhkan naungan agar lebih teduh, bisa dibawah atap, di bawah pohon atau dipasang paranet diatasnya. Anggrek jenis Vanda beda lagi, daunnya berbeda dengan anggrek jenis lainnya, daun panjang susunan daunnya menjuntai kekanan dan kekiri. Kalau yang ini Jenis Oncydium, Batangnya berbentuk bulb seperti bolam lampu, terang istri manajer salah satu penerbit buku ini menerangkan satu persatu koleksi anggreknya.

IMG 20200928 WA0049

Berawal dari Hobi, kebun anggrek mampu menjadi pundi-pundi rupiah.

Ditanya awak media bojonegoro.com kenapa suka anggrek karena bunganya indah dan awet saat berbunga bisa bertahan hingga 2 bulan, satu lagi yang membuat saya suka anggrek adalah tantangannya, semua akan terbayar lunas saat anggrek yang kita tanam berbunga dan
Favoritnya saya adalah jenis Dendrobiyum, karena tahan banting, perawatannya relatif lebih mudah namun bungganya bagus, terang Dyah.

Baca Juga :  9 Pedagang Yang Tempati Lahan PT KAI Rela Direlokasi Demi Pembangunan dan Pelebaran Jalan Monginsidi.

Dari berbagai jenis anggrek koleksinya, Dyah juga mempunyai anggrek Jenis Cattleya, yaitu anggrek endemik Brasil yang tidak ditemukan Indonesia, namun anggrek jenis ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Menurut Dyah, tanaman anggrek akan lebih bagus perkembangan pertumbuhannya jika penanamannya dtempel di pohon yang hidup.

Dalam kesempatan ini Dyah berbagi tips bagi pemula yang ingin menaman anggrek, kuncinya cuma satu, sebenarnya menanam anggrek itu mudah, pertama yang diperhatikan adalah sirkulasi udaranya baik, dan telaten. Lebih lanjut cara merawat anggrek dengan memberi nutrisi dan menyiraminya dengan cukup. Pakai air rendaman beras bisa menjadi alternatif yang murah meriah. Selain itu merawat Anggrek agar Selalu Terlihat Segar hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih pot yang benar, Siram Anggrek dan beri pupuk secara Rutin bisa juga ditambahkan zat Pemicu pertumbuhan dan secara periodik berikan obat Anti hama.

Kota Magelang terletak pada ketinggian ± 500m diatas permukaan laut. Letak kota Magelang dikelilingi oleh gunung-gunung dan bukit-bukit seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Perahu. Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Andong, Perbukitan Menoreh serta terdapat “Bukit Tidar” yang terletak di jantung kota, karena itu agroklimat Kota Magelang sangat cocok untuk buidaya tanaman anggrek.

Bagikan :
%1$s Komentar

1 Komentar

  1. Avatar

    tao

    28 September 2020 at 5:32 pm

    goood

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

X