Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Antusias Ratusan Warga Ikuti Ruwatan Murwakala di Kayangan Api Bojonegoro

sSk8VuX5TSqK8ChC

Bojonegoro.com – Ratusan warga antusias mengikuti Ruwatan Murwakala yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di Kayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/7/2023). Ruwatan ini juga menghadirkan dalang Ki Sunyoto dalam pagelaran Wayang Kulit dengan musik tradisional Jawa.

Ruwatan Murwakala memperkuat dan memelihara tradisi Jawa yang kaya akan budaya dan nilai-nilai luhur. Tradisi ini merupakan salah satu upacara tradisional Jawa untuk membersihkan energi negatif dan melindungi masyarakat dari berbagai bencana dan gangguan spiritual.

Acara ini diadakan berkala oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sebagai bentuk kepedulian terhadap warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan.

Dalam Ruwatan Murwakala di Kayangan Api, dilakukan dengan kaidah membersihkan pengaruh buruk atau energi negatif yang mungkin tertanam dalam individu atau keluarga akibat peristiwa-peristiwa dari masa lalu, seperti tragedi, konflik, atau kegagalan. Upacara ini bertujuan untuk memulihkan keseimbangan dan membawa keharmonisan kembali ke dalam kehidupan.

Acara ini pun sukses menarik perhatian warga dan juga menggeliatkan UMKM sekitar Kayangan Api.

Linda Wahyu Lestari, salah satu warga dari Kecamatan Kepohbaru, datang dengan penuh antusias bersama keluarganya. Ia datang untuk merasakan langsung suasana sakral dengan mendalami makna dari tradisi yang diwariskan secara turun-temurun ini. “Saya sangat antusias mengikuti Ruwatan Murwakala ini. Selain untuk menjaga keharmonisan keluarga, juga sebagai wujud rasa syukur atas segala berkah yang diberikan kepada kami,” ucap Linda.

Perasaan syukur dan senang juga diungkapkan oleh Dian Wahyuni dan adiknya. Ia merupakan peserta Ruwatan Murwakala yang menyandang sukerta kedono kedini, dan datang didampingi kedua orang tuanya. Dian mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang sangat mensupport kegiatan ini.

Baca Juga :  Bentuk Penghormatan dan Pelestarian Budaya Leluhur, Pemkab Pindahkan Tanah Makam Samin Surosentiko dari Sawahlunto ke Bojonegoro

“Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun karena sangat membantu masyarakat Bojonegoro yang masih kental dengan adat Jawa,” harapnya.

Selain menjadi momentum penting dalam menjaga warisan budaya, acara Ruwatan Murwakala juga menjadi berkah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Saat acara berlangsung, berjajar produk-produk UMKM dari warga setempat.

Ibu Utari, salah satu pemilik kedai makanan dan oleh-oleh di area wisata Kayangan Api merasa bersyukur. Karena dengan adanya Ruwatan Murwakala, omzetnya naik dibanding hari-hari biasa. Hal itu juga dirasakan oleh rekan-rekannya sesama pedagang.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Olahraga

Bojonegoro.com.- Guna membentuk tim yang solid dalam menghadapi putaran Nasional Liga 3 April mendatang, Persibo Bojonegoro melakukan pertandingan uji coba melawan Persenga Ngadirejo Widang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) Kabupaten Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang beras Bulog Kecamatan Kalitidu dan gudang beras...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melakukan pemantauan harga beberapa komoditas pertanian di Pasar Wisata, Jumat (23/2/2024). Kegiatan pemantaun ini sekaligus persiapan pemberian bantuan...

X