Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Apel Hari Kesiapsiagaan, Kurangi Risiko Bencana Dipimpin Langsung Bupati Bojonegoro

IMG 20230517 WA0001

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memimpin apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Bojonegoro Tahun 2023 di lapangan tembak Kodim 0813 di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, Selasa (16/5/2023). Apel dihadiri Kepala Bakorwil, Kapolres, Dandim 0813, dan Ketua DPRD Bojonegoro.

Apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, Damkar, BPBD, PMI, LPBI NU, dan pasukan lainnya. Selain di Bojonegoro, pada hari yang sama, enam kabupaten lain juga mengadakan apel serupa dan simulasi kesiapsiagaan bencana banjir dengan tema ‘Siap untuk Selamat, Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana’ yang dipusatkan di Kabupaten Lamongan Se-Jawa Timur.

Dalam amanatnya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menuturkan sesuai data geografis, kebencanaan di Kabupaten Bojonegoro sering terjadi di sungai Bengawan Solo, baik dari dari hulu ke hilir dan ada beberapa daerah yang rawan longsor.

“Kami sudah melayangkan surat ke PU PR, agar tetap tanggap dalam kesiapsiagaan, kami minta kerjasama antara kementerian dan Pemkab Bojonegoro untuk mengantisipasi hal ini,” jelasnya.

Bupati Anna juga berpesan agar bencana di Bojonegoro bisa ditangani dengan seksama. Salah satunya dengan selalu menyiapkan personil. Sebab si penolong dan yang ditolong keduanya harus selamat. Apel, lanjut Bupati, dilaksanakan untuk mengingatkan kembali untuk menjalankan tugas semua pihak agar selalu siap siaga dalam kebencanaan.

Sementara itu, Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB Agus Riyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang biasanya diperingati setiap tanggal 26 April.

“Karena tanggal 26 April cuti lebaran jadi kita geser hari ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya terus mencegah dan mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas masyarakat dan mengenali ancamannya, membentuk desa tangguh bencana. Selain itu juga membentuk relawan, rambu dan tempat evakuasi. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si ingatkan seluruh personel Polres Bojonegoro dan jajaran agar tetap menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

X