Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

“Asa dari Kampoeng Thengul” Menjadi film terbaik ke-3 Dalam Screening dan Awarding Festival Dokumenter Budi Luhur (FDBL) 2022

IMG 20230330 WA0003

Bojonegoro.com – Film dokumenter bertajuk Sebuah Asa dari Kampoeng Thengul karya para pemuda Margomulyo, Bojonegoro berkesempatan mengisi acara dalam Screening dan Awarding Festival Dokumenter Budi Luhur (FDBL) 2022 bertempat di ruang teater Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Rabu siang (29/03/2023).

Screening dan Awarding Festival Dokumenter Budi Luhur 2022 (FDBL) adalah sebuah ajang untuk sinematika menampilkan karya film, di mana film-film pilihan tersebut telah lolos proses kurasi dan seleksi sejak november tahun lalu.

Tidak hanya tentang wayang thengul, seperti judul film, Film yang disutradarai Wintari ini menceritakan pula tentang sebuah dusun kecil di Margomulyo yaitu dusun Kedungkrambil yang memiliki potensi sekaligus gerakan organik dalam pemberdayaan dan pelestarian wayang thengul lewat branding Kampoeng Thengul. Dimana berbagai kegiatan seperti les tari dan edukasi thengul diselenggarakan untuk menjaga kelestarian wayang thengul.

Kegiatan ini menarik perhatian banyak pemerhati film, nampak ratusan orang memenuhi ruang teater Perpustakaan Nasional RI, Jakarta untuk menikmati Film yang mengangkat kearifan lokal Bojonegoro dimana wayang Thengul telah diakui menjadi Warisan Budaya tak Benda.

Dalam festival ini “Sebuah asa dari Kampoeng Thengul” berhasil mendapat predikat film terbaik ke-3 dan akan memulai episode baru pendistribusian dan penayangan di acara-acara selanjutnya.

Terpisah, Camat Margomulyo Dyah Enggarini Mukti, SE, MM menyampaikan rasa bahagianya atas capaian film Asa dari Kampoeng Thengul ini.

” Rasa bahagia yang tak terhingga dimana film yang mengangkat Thengul dari dusun Kedungkrambil desa Margomulyo mampu berbicara dalam ajang festival Dokumenter Budi Luhur (FDBL) 2022, Semoga ini menjadi pelecut semangat sineas Bojonegoro untuk berkarya lebih baik lagi, dan mampu mengangkat dan mengenalkan Thengul  ke kancah internasional” ungkap Enggar.

Sebelumya, sejak November 2022 lalu, Kampoeng Thengul mengikuti rangkaian event Festival Dokumenter Budi Luhur yang diadakan oleh Universitas Budi Luhur. Kampoeng Thengul mengangkat cerita pelestarian wayang thengul di dusun Kedungkrambil, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro.

Setelah melewati proses kurasi, seleksi naskah, penjurian, presentasi hingga mentoring, film dokumenter bertajuk Sebuah Asa dari Kampoeng Thengul akhirnya mendapat kesempatan menjalani screening dan Awarding Festival Dokumenter Budi Luhur 2022 (FDBL). (*/Red)

 

#KampoengThengul #ThengulBojonegoro #pinarakBojonegoro #FDBL #filmdokumenter #BudiLuhur

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X