Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Azizah Mizan Nakes Teladan 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur

IMG 20220715 113004

Bojonegoro.com –  Azizah Mizan, A MD KL tenaga kesehatan di bagian Penanggung jawab kesehatan lingkungan hidup Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro dinobatkan sebagai Nakes Teladan tahun 2022  tingkat provinsi Jawa Timur, kategori sanitarian.

Mengangkat tema kader UKS Bersama Awasi Kantin Sekolah Yang Sehat Aman dan Bergizi (UKS Beraksi). Azizah berhasil menyisihkan peserta dari 29 kabupaten, 9 kota se Jawa timur.

Alhamdulillah mas, melalui dinas kesehatan Bojonegoro, tertanggal 14 Juli 2022 lalu saya menerima Surat resmi dari dinas kesehatan provinsi Jawa timur, perihal saya dinobatkan menjadi Nakes Teladan 2022, ujar Azizah, Jumat, 15/7/2022, saat ditemui awak media Bojonegoro.com di gedung Sukorejo Sport Center (SSC) Desa Sukorejo, Bojonegoro.

Kabupaten Bojonegoro melalui puskesmas melakukan pembinaan sekolah sehat, dimana puskesmas menjadi pengawas kantin sekolah, terobosan Azizah menggandeng Siswa yang tergabung dalam kader Unit kesehatan Sekolah (UKS) menjadi pengawas internal kantin di sekolah SD- SMP dan sederajat di wilayah kerja Puskesmas Wisma Indah inilah yang mengantar Azizah meraih prestasi menjadi Nakes Teladan.

Azizah Mizan menjelaskan, selain membedakan antara makanan segar dan tidak yang sudah terceklis dari kantin sekolah. Hingga kandungan bahan berbahaya pengolahan makanan, apabila ditemukan atau dicurigai mengandung pengawet. Maka pengawasan dari pihak eksternal dan internal, akan mengirimkan sampek makanan tersebut ke puskesmas.

“Selain itu, juga terkait fasilitas yang ada di kantin sekolah. Mulai dari sanitasi (tempat sampah, air bersih untuk masak dan cuci piring, sarana cuci piring, etalase makanan),” ungkap Azizah.

Setalah menjalani pelatihan dan pembinaan yang dilakukan oleh Azizah, siswa yang menjadi Kader UKS Beraksi mampu melakukan cek list inspeksi kesehatan kantin sekolah atau makanan jajanan secara mandiri dengan didampingi guru yang menjadi ketua UKS.

Baca Juga :  Turunkan Stunting dengan Inovasi Makanan B2SA Berbahan Pangan Lokal

Pembinaan Kader UKS Beraksi telah dilakukan Azizah mulai tahun 2020 hingga sekarang, saat ini kader UKS Beraksi dari 17 Sekolah dasar (SD) dan 10 Sekolah menengah Pertama (SMP) telah mencapai 81 kader, rinciannya Kader UKS SD sebanyak 51 dan Kader UKS SMP sebanyak 30. kader.

“1 periode atau 1 tahun ajaran kami mencetak 3 kader, begitu seterusnya, jadi saat yang jelas 3 SMP, atau 6 SD lulus sekolah, adik kelasnya menjadi kader selanjutnya, jelas Azizah.

Sebelumya Azizah telah melewati pemilihan Nakes Teladan tingkat Kabupaten kategori Peserta perprofesi, sanitarian dan menyisihkan 30  perwakilan dari puskesmas se kabupaten Bojonegoro.

Saat ini Azizah sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti pemilihan Nakes Teladan tingkat Nasional dan bersaing dengan 33 Provinsi di Indonesia.

Saat ditanya apa persiapan yang telah dilakukan, Azizah menjawab akan mengembangkan, memperbaiki dan menyempurnakan materi waktu maju di ditingkat Provinsi kemarin saja, ungkapnya.

IMG 20220715 WA0011

Azizah Mizan bersama dr Fifin kepala puskesmas Wisma indah Bojonegoro

Kepala Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, dr. Fifin Erliana, selaku pembina menyampaikan rasa bangganya atas capaian anak didiknya, semoga prestasi yang sama mampu diraih Azizah ditingkat Nasional, harapnya.

Semoga mendapatkan hasil yang terbaik, dan kedepannya apa yang telah dilakukan Azizah ini berguna bagi masyarakatl luas, khususnya warga Bojonegoro, pungkas dr Fifin.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X