Connect with us

Hi, what are you looking for?

Uncategorised

Bantuan Pasang Baru Listrik, 1935 Rumah di Tuban Menerima Manfaat

IMG20231025100709

Bojonegoro.com – TUBAN – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan dukungan Komisi VII DPR RI memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 19.500 rumah tangga di Provinsi Jawa Timur. Dari jumlah tersebut Kabupaten Tuban mendapatkan alokasi sebanyak 1.935 rumah tangga yang tersebar di 20 kecamatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Widyaiswara Ahli Madya Kementerian ESDM Arief Indarto pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Rabu (23/10/2023).

Arief menyampaikan, dengan bantuan BPBL tersebut, masyarakat bisa mandiri dengan memiliki akses listrik sendiri dan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga.

“Listrik itu sangat penting, jadi kalau selama ini mungkin bapak-ibu menyambung dari tetangga maka dengan adanya BPBL ini mampu dengan sendirinya untuk memanfaatkan listrik,” ujar Arief.

Lebih lanjut Arief menyampaikan listrik merupakan kebutuhan dasar, maka fungsi Pemerintah adalah menyediakan ketersediaan listrik yang cukup, andal, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau.

“Listrik musti dikelola dengan baik, fungsi Pemerintah adalah bagaimana menyediakan dalam jumlah yang cukup dan andal,” lanjut Arief.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari menyampaikan bahwa Program BPBL Tahun 2023 ini diberikan kepada masyarakat secara gratis untuk membantu masyarakat.

“Pemasangan listrik ini diberikan secara gratis, diharapkan dengan listrik ini masyarakat bisa membuka peluang usaha, seperti dicontohkan tadi, dengan ada listrik bisa beli kulkas dan jualan es batu,” ungkap Ratna.

Lebih lanjut Ratna menyampaikan bahwa pemberian BPBL tahun 2023 sudah bergerak lebih maju dari tahun sebelumnya dengan adanya penambahan daya 900 VA bagi penerima manfaat.

“Yang 2023 ini dayanya sudah bertambah dibanding tahun 2022, kalau dulu tahun 2022 hanya 450 VA tapi yang tahun ini ada 900 VA,” ujar Ratna.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Rapat Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Beri Kenyamanan Bagi Pemudik

General Manager UID Jawa Timur PT PLN (Persero) Agus Kuswardoyo menyampaikan bahwa Program BPBL membawa kemandirian listrik bagi masyarakat, namun masyarakat diingatkan untuk mengatur penggunaannya sesuai kebutuhan.

“Bapak-Ibu sekalian yang hari ini diberikan Program BPBL itu sudah lebih lagi punya kemandirian karena sudah punya meteran sendiri, kemarin masih nyalur itu bisa menimbulkan bahaya keselamatan,” ujar Agus.

Sadi (60 tahun), salah satu penerima manfaat program BPBL di Kabupaten Tuban yang berprofesi sebagai petani, mengaku sebelum mendapat bantuan listrik, selama ini kebutuhan listrik ia menyalur dari anaknya.

“Terima kasih untuk Bapak Menteri ESDM, semoga listrik membawa manfaat,” ucap Sadi.

Warga penerima manfaat lainnya di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban adalah Narto (41) Berprofesi sebagai petani ini menyampaikan bahwa sebelum menerima bantuan pasang baru listrik, ia menyalur dan membayar listrik kepada tetangga.

” Setelah ini harapannya bisa dimanfaatkan untuk usaha kecil kecilan,” tutur Narto. (*/Red)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pegiat dan pecinta bonsai di kabupaten Bojonegoro Jawa timur tergolong besar, hal itu bisa diketahui dari setiap ada pemeran bonsai selalu dipadati...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota Polri dalam melaksanakan tugas khususnya personel Sat Samapta, Polres Bojonegoro menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Samapta...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto Melaunching Program Paman Sehati (Pangan Aman Sehat dan Bergizi) Melalui acara Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi 1.000 Pelaku UMKM,...

X