Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230124 184033

Kuliner

Belut Asap “NANDUR SRAWUNG” Kuliner Pedas Khas Bojonegoro di Jogjakarta

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan Bibis –  Sidoarum, Godean Sleman Jogjakarta bisa jadi rujukan dan jujugan bagi teman, kolega atau keluarga anda.

Aneka macam olahan belut andalan Nandur Srawung adalah Mangut Belut, Pepes Belut, dan Belut asap yang menarik  belut asap khas Jawa timur ini diramu dan dimasak memakai HotPlate, asapnya yang keluar saat proses memasak menebarkan aroma lezat menambah gairah makan pengunjung, kebayangkan bagaimana sensasi makan di warung Nandur Srawung?

Menurut Mega pemilik Nandur Srawung, belut asap miliknya memilki kekhasan dalam rasa dan aroma yang tidak dimiliki oleh tempat kuliner yang lainnya, rahasianya adalah belut telah melewati pengasapan terlebih dahulu dengan menggunakan piranti tersendiri.

“Buka 24 Jam, Menu andalan kami adalah Belut asap Bubble Eel disajikan dengan konsep Hotplate,  Aromanya khas, dimasak dengan bumbu rahasia ala Nandur Srawung menjadikan Belut asap kami boleh diadu dengan yang lainnya” ujar Mega.

Satu lagi yang menjadikan belut asap milik Mega berbeda adalah olahan belut asap diracik dengan rempah-rempah alami dan bumbu khusus rahasia keluarga. Saat Perpaduan nasi hangat, sambal dan belut asap terhidang di meja membikin mulut penikmatnya beriur dan dijamin ketagihan.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba menu lainnya, tersedia juga belut goreng, pepes belut dan penyet Belut asap dengan sambal pilihan seperti sambal kemiri, sambal kemangi, sambal trasi dan sambal korek,” jelas pemilik nama Mega Fitria Maharani ini.

Saat ini Nandur Srawung lagi ada Promo sambal belut, di bulan januari ada promo paket Sambel Belut Asap BUBBLE EEL Plus Nasi, teh hanya dengan cuma 15rb per porsinya. Dan akan ada Promo promo menarik lainnya di bulan bulam berikutnya.

Sedangkan untuk minuman tersedia berbagai macam jenis kopi, seperti Kopi Susu Celoteh, Capuccino, Cafe latte, Manual brew, dan banyak menu non kopi, diantaranya teh kombucha, kayu aro kerinci,  Manual brew dan wedang jahe spesial.

“ Disini wedang jahe menggunakan jenis jahe emprit dan penyajiannya kita blender dahulu. Untuk lebih menguatkan rasa dan aroma kami sajikan tanpa gula, namun jika pelanggan ingin ada rasa manisnya, kami sediakan susu kental manis,” terang Mega yang juga pemilik Celoteh Coffe Shop ini.

Alumni Fakultas Biologi UGM ini mengungkapkan inspirasi menu aneka masakan berbahan belut asap berawal dari kesukaan suaminya, Syaiful A Rachman dimana di tempat tinggalnya kota Bojonegoro Jawa Timur, terbiasa membuat masakan berbahan ikan yang melewati tahap pengasapan terlenih dahulu.

IMG 20230124 WA0039

Pengunjung sedang menikmati Belut Asap Kedai Nandur Srawung Godean

Salah satu pengunjung, M Taufik yang datang bersama keluarganya mengungkapkam belut asap dan sambalnya mantap banget, maknyus nikmatnya, ini recommended banged, ungkapnya.

Senada, Agus (46) bersama rekan rekannya yang mengaku bekerja di Solo ini memberikan 2 jempolnya saat ditanya awak media bagaimana kesannya menikmati kuliner Belut Asap di Nandur Srawung.

” Mantap, tidak rugi datang jauh-jauh dari Solo, tempat ini bisa menjadi alternatif bagi penggila kuliner dan bagi mereka yang suka sambal, Kami tadi memesan sambal belut asap, Nasi goreng tuna, dan wedang jahe spesial, semuanya rasanya lezat mantap, ungkap Agus.

Penting untuk diketahui Dalam 100 gram daging belut mengandung sebanyak 236 kalori, 23.7 gram protein, dan 15 gram lemak. Hampir semua vitamin dan mineral terkandung dalam belut, antara lain vitamin A, B, D, E, K, kolin, folat (vitamin B9), fosfor, zinc, selenium, kalium, magnesium, zat besi, natrium, tembaga, kalsium, dan mangan.

~ Manfaat Belut untuk Kesehatan Tubuh adalah baik untuk kesehatan tulang karena Belut mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi.

~ Menjaga kesehatan kulit.

~ Manfaat belut untuk kesehatan yang lainnya adalah menjaga kesehatan kulit dan mencegah kekurangan sel darah merah.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X