Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220306 WA0053

Pendidikan

Bojonegoro Nglenyer Merambah Bidang Pendidikan dan Sumber Daya Manusia

Bojonegoro.com – Selain infrastruktur jalan di Bojonegoro sudah nglenyer, Pemkab Bojonegoro terus meningkatkan pembangunan. ‘Inovasi nglenyer’ merambah di bidang lain. Kali ini, Pemkab Bojonegoro me-nglenyer-kan jalur pendidikan tinggi bagi para pegiat desa.

Program di bidang pendidikan tersebut berupa beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa. Data terbaru, per tanggal 6 Maret 2022, RPL diikuti pendaftar di 361 desa dari 419 Desa.

Para pendaftar RPL Desa tersebut mulai dari kepala desa, perangkat desa, pengelola BUMDesa maupun BUMDesma, BPD dan pendamping profesional PLD. Mereka menyebar memilih kampus UNESA sebanyak 742 pendaftar dan kampus UNY sebanyak 510 pendaftar.

Menurut Kepala Desa Mojo Kecamatan Kalitidu, Anik Umiyatun yang juga ikut mendaftar RPL Desa, bahwa program beasiswa RPL Desa bak program nglenyer di bidang pendidikan. Inovasi dan gebrakan program Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah visioner dan manfaatnya merata ke semua lapisan masyarakat.

“Jalan kan sudah nglenyer, lha sekarang di bidang pendidikan juga dinglenyerkan ibu Bupati. Terima kasih Bu Anna saya bisa ikut program RPL Desa untuk menambah ilmu dan wawasan, saya ambil jurusan admistrasi negara,” ujar Kepala Desa Mojo, Anik Umiyatun, Minggu (6/3/2022).

Sementara itu menurut Kepala Desa Klino Kecamatan Sekar, Dwi Nurjayanti juga sependapat bahwa program beasiswa RPL Desa adalah nglenyer di bidang pendidikan dan sangat membantu para pegiat desa meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Dia sangat semangat mendaftar beasiswa RPL Desa dengan mengambil jurusan administrasi publik di UNY.

“Nglenyer jadi sarjana berkat beasiswa RPL Desa. Alhamdulillah cukup menempuh waktu dua tahun sudah sarjana dan insyallah ilmu dari kuliah untuk bekal pengabdian di desa. Matur suwun Ibu Bupati,” ujar Kepala Desa Klino, Dwi Nurjayanti penuh suka cita dan semangat.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Generasi Masa Depan Pemkab Bojonegoro Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa 

Selain beasiswa RPL Desa, Dinas Pendidikan mencatat bahwa ada tiga jenis beasiswa yang diluncurkan untuk warga Bojonegoro. Ketiga program beasiswa tersebut yakni beasiswa satu desa dua sarjana, beasiswa saintik dan beasiswa tugas akhir. Ketiga program beasiswa tersebut sudah berjalan dua tahun.

Penerima manfaat beasiswa satu desa dua sarjana sebanyak 443 mahasiswa, beasiswa saintik sebanyak 200 mahasiswa dan beasiswa tugas akhir sebanyak 694 mahasiswa. Tetapi 225 data mahasiswa masih dalam tahap verifikasi.

“Hasil evaluasi tahun pertama peminat beasiswa satu desa dua sarjana masih minim dan masih dalam proses. Di tahun ini jumlah peminatnya melonjak hingga 100 persen. Ketiga program beasiswa tersebut murni keinginan Ibu Bupati untuk membantu masyarakat di bidang pendidikan,” kata sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. Suyanto, MM.

Dari data DPMD tercatat pendaftar RPL Desa sudah mencapai 1.252 calon mahasiswa, sementara total penerima beasiswa yang ditangani Dinas Pendidikan total sebanyak 1.337 mahasiswa.

Total penerima manfaat beasiswa RPL Desa dan beasiswa di Dinas Pendidikan yang didanai dari APBD Bojonegoro sebanyak 2.589 mahasiswa.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Promo

Bojonegoro.com – Hadir di tengah kota, Arga Laundry dengan pelayanan Maksimal dan ekstra kilat dengan menggunakan mesin cuci serta mesin pengering berkualitas tinggi. Anda...

Olahraga

Bojonegoro.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bojonegoro langsung tancap gas tidak berselang lama usai kepengurusan yang baru dilantik digelar kejuaraan Catur Percasi...

Kabar Desa

Bojonegoro.com – Warga Desa Tondomulo Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro mulai merasakan jalan poros desa yang nglenyer di tahun 2023 ini, telah dilakukan pembangunan jalan...

Kabar

Bojonegoro.com – Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Siswoyo, memberikan penjelasan terkait polemik anggaran yang peruntukannya untuk media online dan siber. Ditegaskan Data tersebut memang transparan...

X