Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Bonsai Santigi Karang Ditawar 100 Juta Tak Dilepas di Silaturahmi Bonsai Bojonegoro 2022

20220718162338

Bojonegoro.com – Silaturahmi Bonsai Bojonegoro 2022 tengah diselenggarakan di MCM Hotel and resto, sampai dihari ke 3 ini ada satu bonsai yang menarik perhatian pengunjung karena nilainya mencapai 150 juta.

Dari 150 Bonsai yang dipamerkan 1 bonsai yang menyita pengunjung yaitu Bonsai Santigi atau Setigi orang sering menyebutnya.

Bentuk dan komposisi dari bonsai Santigi ini sangat bagus, dan telah berumur 20 tahun lebih, menurut panitia Pameran sudah ditawar oleh kolektor dari Bali seharga 100 juta, namun oleh pemiliknya belum dilepas.

Nanang si perawat bonsai santigi ini menyampaikan dirinya telah merawat bonsai ini lebih dari 20 tahun, Nanang mengaku mulai dari awal bahan dongkelan hingga menjadi Bonsai dia membutuhkan waktu 4 tahun lebih dan melakukan perawatan (Treatment) hingga sekarang, sudah 20 tahun lebih, jadi yang wajar kalau harganya tinggi, ujarnya.

Nanang yang berprofesi sebagai Trainer sekaligus Progamer Bonsai ini menyampaikan Bonsai Santigi dari endemik karang ini memang tergolong langka dan perawatannya masuk kategori sulit dibandingkan bonsai jenis yang lain, itulah alasan harga Santigi relatif lebih mahal.

Masih menurut Nanang, Harga Bonsai ditentukan dari bentuk yang memiliki nilai seni tinggi, nilai seni bonsai itu ada pakemnya, pakemnya merujuk pada logika pohon di alam atau ekosistem aslinya, untuk mengikuti logika pohon di alam tersebut membutuhkan waktu yang lama dan proses yang tepat sehingga bonsai bisa laku dengan harga tinggi.

Santigi adalah endemik pinggir laut dimana perawatan disesuaikan dengan ekologi aslinya, mulai dari panggaraman, semprot inteksida, bahkan saat musim penghujan perlakuannya juga berbeda, ini dilakukan untuk menjaga tingkat keasaman tanah.

Tidak seperti media bonsai yang kain, untuk bonsai Santigi Karang ini memakai pasir yang khusus didatangkan dari daerah Malang atau Lumajang, jelas Nanang, pria asal Kelurahan Klangon kec/Kabupaten Bojonegoro ini.

Baca Juga :  50 Sukerta -Sukerti Ikuti Prosesi Ruwatan Murwakala Masal di Kayangan Api

Dari bahan awalnya saja, bahan bonsai santigi yang bagus sudah tergolong mahal, mencapai 10-20 juta hanya untuk bahan saja, tak mengherankan jika sudah jadi, bisa mencapai ratusan juta, hingga Milyaran rupiah, imbuh Nanang.

20220718162333

Bonsai Santigi Karang yang ditawar 100 juta

Nanang menjelaskan bahwa awalnya Bonsai Santigi ini milik kolektor dari Bojonegoro yaitu Almarhum Halim, setelah meninggal dunia, bonsai berpindah kepemilikan menjadi milik Aum jauhari kolektor dari Bekasi dan Kadek Simone dari Bali yang tinggal di Australia. sekarang milik 2 orang yang Join untuk membeli bonsai Santigi ini, pungkasnya.

Silaturahmi Bonsai Bojonegoro 2022 yang digelar di MCM resto oleh Rumah Bonsai Indonesia ( RUBI) berlangsung 10 hari dari 16 hingga 26 Juli 2022.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke- 77 Notaris Vedhasari Puspita menggelar lomba mewarnai memperebutkan piala Notaris VSP dengan tema kemerdekaan, Lomba  tingkat...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Seminar Literasi bertema ‘Strategi Membangun Tradisi Literasi dari Keluarga Sebagai Pondasi Menuju Generasi Emas...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Kemah Budaya Margomulyo 2022 sukses digelar di Kampoeng Thengul Dusun Kedungkrambil, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Puluhan pelajar penuh semangat mengikuti...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengapresiasi langkah Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad yang ikut serta mempromosikan produk UMKM desa. Di Bojonegoro, terdapat 155 desa...

X