Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Braja Manastha Winduaji Raih Penghargaan “Kartika Adhi Kertayasa I” Sebagai Wisudawan dengan Nilai Tertinggi di IPDN

IMG 20220728 170712

Bojonegoro.com – Putra daerah Bojonegoro Braja Manastha Winduaji, S.Tr.IP mendapat penghargaan
“Kartika Adhi Kertayasa I” sebagai Wisudawan dengan Nilai Tertinggi Bidang Pengajaran pada Program Studi Politik Indonesia Terapan, Fakultas Politik Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIX, Tahun Akademik 2021/2022.

Prosesi wisuda dilaksanakan di Lapangan Parade Kampus IPDN Jatinangor-Sumedang Jawa Barat. Dihadiri Menteri Dalam Negeri Prof.H.Tito Karnavian, MA, PhD,Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM, Wakil Rektor 1 Dr. Hironimus Rowa, M.Si, segenap tamu undangan dan 1992 Wisudawan. Kamis, (28/7/2022)

Lahir di Bojonegoro, 7 September 1997 anak tunggal dari Pasangan Sukisno (Alm) dan Nur Cholifah (Alm), Braja begitu Nama panggilannya, sudah menjadi Yatim saat usianya baru menginjak 3 tahun.

Saat menjalani pendidikan di IPDN tingkat III, Braja kembali harus kehilangan ibunya untuk selama – lamanya ditahun 2021, saat itu Aji sedang tugas penyebaran pendidikan di Papua selama 2 tahun dan tidak bisa pulang untuk melihat dan menguburkan ibunya untuk yang terakhir kalinya karena pandemi covid 19.

Lulus SMA Negeri 1 Bojonegoro tahun 2016 Braja mendapat Beasiswa Bidik Misi dan masuk FISIPOL UGM lewat jalur SNMPTN jalur undangan, kuliah di UGM dia tempuh hingga Semester 5, karena keinginannya yang besar untuk menuntut ilmu di IPDN Braja nekat mengikuti Tes masuk IPDN meski sebelumnya pernah gagal 2 kali, saat percobaan mendaftar ke 3 kalinya baru lolos dan menjadi mahasiswa IPDN dimana saat itu masih berstatus mahasiswa FISIPOL UGM semester 5.

Dihubungi melalui telepon selulernya usai upacara wisuda, Braja mengucapkan rasa syukurnya dan mempersembahkan pencapain ini kepada mendiang kedua orang tuanya.

” Tidak ada yang bisa saya lakukan kecuali mengucap syukur Alhamdulillah” ucap Braja.

Baca Juga :  Tingkatkan Potensi Ekonomi Desa, DPMD Gelar Pelatihan BUMDesa di Kecamatan Margomulyo

Braja memang terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, ibunya hanya bekerja sebagai pelayan toko, sedang ayahnya adalah tenaga honorer di Kelurahan Klangon, Bojonegoro, meski hidup dengan keterbatasan ekonomi namun Braja tidak pernah patah semangat untuk meraih masa depan dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam bidang apapun, “Keberhasilan menjadi milik mereka yang mau bekerja keras dan pantang menyerah” terangnya.

Menurut pengakuannya untuk membantu ekonomi ibunya semasa masih di bangku SMA, Braja pernah ngamen, Saat booming batu akik, dia  mencari batu di bantaran sungai di Bojonegoro Selatan di daerah Kecamatan Temayang, Bubulan, Ngasem dan tanpa rasa malu menjualnya  dengan membuka lapak jualan batu akik di Alun-alum kota Bojonegoro, hingga berjualan  uang kuno untuk mahar nikah pernah dijalaninya, bahkan untuk kelangsungan hidup sebagai anak kos saat kuliah di Jogja, dia harus bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan percetakan kertas di Jogjakarta.

Kini jerih payah, masa susah, sedih yang berurai air mata terbayar dengan pencapaiannya meraih penghargaan
“Kartika Adhi Kertayasa I” sebagai Wisudawan dengan Nilai Tertinggi Bidang Pengajaran pada Program Studi Politik Indonesia Terapan.

” Tapi ini bukan akhir dari cita cita saya, justru ini menjadi awal pengabdian saya untuk negara, saya akan mengabdikan diri untuk menjadi pelayan masyarakat dan Abdi negara yang baik, untuk itu saya minta doanya” tutur Pemegang sabuk putih (Warga) salah satu perguruan silat ini.

IMG 20220729 065744

Braja saat mencari batu akik, buka lapak dan piagam penghargaan yang diraihnya

Terpisah, kepada Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro, Triguno Sujono Prio, S.STP, MM, menyampaikan selamat atas prestasi dan penghargaan yang diterima Braja Manastha Winduaji (Aji) semoga apa yang telah dicapainya saat ini mampu membawa kebaikan untuk dirinya pribadi dan masyarakat luas, selamat mengabdikan diri untuk bangsa dan negara,Pungkas Triguno.

Baca Juga :  Sinergi Pemkab Bojonegoro dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelar Seminar Strategi Membangun Tradisi Literasi

 

Pengalaman Organisasi dan Prestasi Braja Manastha Winduaji

– Ketua Paskibraka Smasa Bojonegoro Tahun 2014-2015

– Ketua Pelatih Silat Sub Ranting SMP 2 Tahun 2014-2016

– Anggota Resimen Mahasiswa UGM 2016-2018

– Anggota Dewan Mahasiswa Fisipol UGM 2016-2018

– Bupati/Senapati Praja IPDN 2021-2022

– Ketua Kontingen Praja IPDN Provinsi Jawa Timur 2018-Sekarang

 

Prestasi

– Juara 1 PBB Se-Kabupaten Bojonegoro 2014

– Juara 2 Teater PSP 2014

– Juara 3 Teater Provinsi Jawa Timur 2014

– Juara Harapan II Kange Bojonegoro 2015

– Juara Best Costume Kange Bojonegoro 2015

– Juara 1 Futsal LFF UGM 2018

– Juara 2 Pengucap UUD 1945 IPDN di Papua 2021

– Juara 2 Karya Tulis Ilmiah IPDN di Papua 2021

– Peraih Penghargaan Kartika Adhi Kertayasa 1

Riwayat pendidikan Braja Manastha Winduaji :

TK Aba 2 Bojonegoro Tahun 2002-2004

SDN Banjarejo Tahun 2004- 2010.

SMP Negeri 2 Bojonegoro tahun 2010- 2013.

SMA Negeri 1 Bojonegoro tahun 2013- 2016.

Universitas Gajah Mada Jogjakarta tahun 2016-2018.

IPDN tahun 2018-2022

Bagikan :
4 Komentar

4 Komentar

  1. braja manastha

    29 Juli 2022 at 10:29 am

    Semoga Dapat Menjadi Motivasi Generasi Muda dan Adek-adek agar semangat berjuang untuk meraih cita-cita setinggi apapun itu tanpa ada rasa takut, minder dengan keadaan ekonomi ataupun lain sebagainya

    • Ludvi Agus

      30 Juli 2022 at 7:33 am

      Viral… Awakmu dadi tranding topik Nok Bojonegoro

  2. Papahnya Atok

    29 Juli 2022 at 1:20 pm

    you deserve success, young bojonegoro youth, start your service to the Republic of Indonesia, with your sincere intentions, success Mas BROJO East Java 🙏🙏🙏💪💪💪💪

    • Ludvi Agus

      30 Juli 2022 at 7:32 am

      Amin .. yes thanks you sir .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke- 77 Notaris Vedhasari Puspita menggelar lomba mewarnai memperebutkan piala Notaris VSP dengan tema kemerdekaan, Lomba  tingkat...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Seminar Literasi bertema ‘Strategi Membangun Tradisi Literasi dari Keluarga Sebagai Pondasi Menuju Generasi Emas...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Kemah Budaya Margomulyo 2022 sukses digelar di Kampoeng Thengul Dusun Kedungkrambil, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Puluhan pelajar penuh semangat mengikuti...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengapresiasi langkah Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad yang ikut serta mempromosikan produk UMKM desa. Di Bojonegoro, terdapat 155 desa...

X