Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220801 WA0015

Seni dan Budaya

Bupati Anna Hadir dan Mengapresiasi Pagelaran Wayang Kulit di Desa Sukorejo Bojonegoro

Bojonegoro.com –  Sebagai penanda awal bulan Muharram 1444 Hijriah, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di Lapangan Singonoyo, dengan Dalang Ki Muhammad Pamungkas Prasetyo Bayu Aji dari Surakarta. Minggu (31/07/2022). Dalam pagelaran tersebut, Bupati Anna Mu’awanah turut hadir dan mengapersiasi adanya pementasan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menuturkan, dalam seni pertunjukan wayang kulit terdapat banyak tuntunan hidup. “Seperti yang diajarkan Sunan Kalijaga dulu,” ujar Bu Anna kepada pecinta seni Wayang yang sudah mulai memadati lokasi sejak sore hari.

Meski sudah mulai ada kelonggaran pasca pandemi covid-19, Bupati Anna berpesan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Hal ini selaras dengan program pemerintah, agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan tetap melestarikan budaya,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Anna juga menjelaskan, dalam waktu dekat pemerintah sedang menyiapkan vaksin booster kedua untuk menjaga imunitas tubuh masyarakat.

Sementara itu, Budi Suprayitno, Kepala Desa Sukorejo mengucapkan terimakasih kepada Bupati Anna yang bersedia hadir, dan tidak lupa mengapresiasi program pembangunan pemkab Bojonegoro serta berterima kasih atas bantuan yang diterima oleh pemerintah Desa Sukorejo.

“Pagelaran wayang kulit sedianya kami laksanakan setiap tahun pada awal bulan suro dan dilanjutkan dengan sholawat bersama habib,” ujar pria yang biasa disapa Kaji Yek ini.

Sebagai penanda dimulainya pagelaran Wayang kulit, Kades Sukorejo memberikan wayang tokoh Gatut Kaca kepada Ki Pamungkas Bayu Aji dan didampingi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Dalam pagelaran wayang kulit ini, hadir juga sebagai tamu undangan, Dandim 0813, Ketua DPRD, perwakilan Disbudpar, BPD dan Perangkat Desa, serta pengurus RT /RW.

Adapun Pagelaran wayang kulit ini mementaskan lakon “Wahyu Topeng Wojo” sebuah lakon yang mengangkat cerita tentang turunnya Anugerah.

Baca Juga :  Jaga Eksistensi Budaya, Bupati Anna Rembug Gayeng Bersama Seniman Reog dan Jaranan

Lakon wayang topeng wojo menceritakan perjuangan sang putra bratasena dalam mendapatkan topeng wojo, wahyu dari para dewa khayangan, yang diberikan kepada Raden Gatotkaca karena jasanya membantu para dewa mindah khayangan.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Hukum

Bojonegoro.com – Pemasangan papan pengumuman kepemilikan hak tanah pasar lama di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro oleh Pemkab...

Kabar

bojonegoro.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro meraih penghargaan sebagai satuan kerja (satker) mitra kerja Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro dengan nilai IKPA...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro bersama OPD terkait mengundang elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Bojonegoro untuk melakukan diskusi bersama membahas tentang kemajuan Bojonegoro kedepan....

X