Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana

IMG 20221205 WA0010

Bojonegoro.com – JAKARTA- Bertempat di Ruang Rapat Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG), Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna Mu’awanah dan Kepala Sekretaris Utama BMKG Ir. Dwi Budi Sutrisno, M.Sc menandatangani MoU tentang “Pelayanan Informasi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam rangka Penanggulangan Bencana di Wilayah Kabupaten Bojonegoro”, pada Senin pagi 05/12/2022.

Acara yang diselenggarakan sebagai upaya penanggulangan dini kebencanaan di Kab. Bojonegoro tersebut memfokuskan pada beberapa hal diantaranya :

1. Pemanfaatan data informasi meteorologi dalam penanggulangan banjir Kab. Bojonegoro.

2. Upaya prediksi cuaca dipadukan dengan pengelolaan lingkungan dan SDM baik melalui penghijauan hingga SLCN (Sekolah Lapang Cuaca Nelayan) .

3. Perencanaan alat AWS (Automatic Weather Station) untuk pengumpulan data cuaca secara otomatis dan realtime.

4. Panduan langsung perencanaan pembangunan guna penanggulangan bencana.

Sekretaris Umum BMKG menyambut baik koordinasi dan konsolidasi tersebut, pihaknya menyatakan siap mendukung program pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.

“Kami telah menyiapkan sistem informasi yang aktual dimana dapat diakses oleh semua pihak. Selanjutnya kita siapkan SDM yang kompeten dan sarana dan prasarana pendukung lainnya untuk menunjang upaya mitigasi bencana. Seperti SLCN dan AWS yang realtime untuk pemanfaatan update cuaca serta pendukung sektor pertanian dan perkebunan juga.” Ungkap Dwi Budi Strisno.

Bupati Bojonegoro menyampaikan apresiasi atas dukungan langsung BMKG kepada Pemkab Bojonegoro dalam mitigasi kebencanaan banjir di Kab. Bojonegoro. Hingga saat ini, beberapa upaya yang dilakukan Pemkab Bojonegoro telah dilaksanakan melalui pembangunan sarpras mampu meminimalisir dampak banjir yang sering terjadi tiap tahunnya.

Kedepan, dalam Rancangan Pembangunan Daerah Kab. Bojonegoro, Anna Mu’awanah berupaya menyiapkan beberapa sektor dengan matang terhadap persoalan yang ada di Bojonegoro, khususnya sektor mitigasi bencana.

Baca Juga :  Disnakkan Bojonegoro Tebar Ribuan Benih Ikan di Embung dan Waduk

“Salah satu upaya kami yaitu turut melibatkan BMKG dalam penanggulangan kebencanaan di Kab. Bojonegoro. Harapannya kami memperoleh bimbingan langsung dalam mempersiapkan upaya penanggulangan banjir melalui program pembangunan Pemkab Bojonegoro.” Terang Anna Mu’awanah

Dalam kesempatan tersebut penandatanganan dihadiri oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur, Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Nganjuk, dan Kepala BPBD Kab. Bojonegoro serta OPD terkait. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro menggelar nonton bareng (Nobar) final Liga 3 2023-2024 putaran Nasional dimana mempertemukan Persibo Bojonegoro melawan Adhyaksa Farmel FC, kegiatan dilaksanakan...

Olahraga

Bojonegoro.com  –  Brigadir Lhinda Rahmawati seorang polisi wanita (Polwan) dari polres Bojonegoro, wanita cantik berkaca mata ini juga merupakan seorang atlet Karate. Penampilannya nampak...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Roadshow Bus KPK  Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Tahun 2024 mengunjungi Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 6-9 Juni, di hari ke 2 anak-anak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sesi kelas pengembangan brand UMKM menjadi bagian yang menarik perhatian dalam rangkaian acara Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa yang digelar oleh Pemerintah...

X