Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230118 WA0035

Pendidikan

Bupati Bojonegoro Dorong Perangkat Desa Ikuti Program Beasiswa RPL Jenjang S2

Bojonegoro.com – Sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar, Bupati Anna Mu’awanah mendorong perangkat desa mengikuti program beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) jenjang S2. Hal ini disampaikan Bupati Anna dalam pembinaan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di ruang Angling Dharma, gedung Pemkab Bojonegoro, Rabu (18/01/2023).

Selain Bupati Anna, dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Machmudin, Kasi Pemerintahan Kecamatan Balen, Kasi Pemerintahan Kecamatan Bojonegoro, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Balen dan Bojonegoro.

Dalam sambutanya, Bupati Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa adanya pembinaan peningkatan kapasitas BPD ini dapat membantu lembaga tersebut melaksanakan tugas dan fungsinya. Karena peran BPD dalam pemerintahan desa sangat dibutuhkan.

Semua sektor pembangunan berawal dari desa melalui musyawarah desa. Maka diharapkan anggota BPD dapat berkontribusi mengusulkan aspirasi masyarakat, yakni hal-hal yang dirasa penting untuk diprioritaskan dan segera dilaksanakan.

“Diantaranya mengusulkan pembangunan yang benar-benar tidak bisa tercover oleh Anggaran Dana Desa,” ucap Bupati.

Ibu Desa tersebut juga menambahkan dalam rangka mendorong peningkatan sumber daya manusia, dana yang masuk ke desa dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini mecapai Rp 4,8 triliun. Maka untuk menunjangnya, Pemkab Bojonegoro telah melakukan audiensi beberapa waktu lalu dengan Kementerian Desa PDTT yang akan melanjutkan program RPL untuk jenjang S2. Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro akan bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Gajah Madja Yogyakarta.

“Dengan adanya program RPL ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan keuangan yang diberikan oleh negara,” imbuh Bu Anna sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Machmudin mengatakan bahwa sebanyak 191 anggota BPD yang terdiri dari Kecamatan Balen dan Bojonegoro mengikuti pembinaan peningkatan kapasitas BPD. Hal ini bertujuan untuk mendorong BPD dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar serta optimalisasi BPD dalam menampung aspirasi masyarakat desa, serta agar bisa mewujudkan sistem pemerintahan desa yang partisipatif.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Minta BPD Sukseskan Program Beasiswa S2 RPL Desa

“Dengan adanya program RPL untuk jenjang S2 yang digagas oleh Pemkab Bojonegoro, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro bersama OPD terkait mengundang elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Bojonegoro untuk melakukan diskusi bersama membahas tentang kemajuan Bojonegoro kedepan....

Kabar

bojonegoro.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro meraih penghargaan sebagai satuan kerja (satker) mitra kerja Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro dengan nilai IKPA...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, di Jalan Veteran, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, telah selesai dan diresmikan...

X