Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220215 WA0038

Politik dan Pemerintahan

Bupati Bojonegoro Lakukan Koordinasi Bersama Menteri PDTT, Guna Percepatan Pembangunan Desa 

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menghadiri pertemuan dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Selasa (15/2). Pertemuan digelar di Ruang Rektor Universitas Negeri Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anna hadir didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Bojonegoro, Mahmuddin.

Pertemuan dengan Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar ini membahas persiapan pelaksanaan program rekognisi pembelajaran lampau desa (RPL Desa) dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu juga untuk mengakselerasi kemajuan serta kemandirian desa. Dalam hal ini dibutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di desa setempat.

Sebelumnya, Kementerian Desa PDTT memiliki program RPL Desa yang dilaksanakan sesuai Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Kementerian Desa PDTT bersama Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (PERTIDES).

“Ibu Bupati telah berkoordinasi dengan Pak Menteri,” jelas Mahmudin, Kepala Dinas PMD Bojonegoro.

Dasar yang melatarbelakangi RPL Desa, lanjut Mahmudin, ialah Perpres No 85 Tahun 2020 dan Pemendikbud Ristek No 41 Tahun 2021. Pertemuan sendiri dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama membahas kebijakan umum program RPL Desa dan sesi kedua membahas tindak lanjut kebijakan umum secara teknis.

RPL Desa ditujukan kepada kepala desa, perangkat desa, anggota BPD, pengelola BUMDes, tenaga pendamping profesional, serta pegiat pemberdayaan masyarakat desa untuk menempuh pendidikan tinggi melalui RPL Desa.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com –  Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) di Zona 1 (satu) digelar di Jalan Poros Desa Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT) Kecamatan Kanor....

X