Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar Desa

Bupati Bojonegoro Resmikan Kebun Mawar “Buana Indah” Di Margomulyo

IMG 20220908 WA0003

Bojonegoro.com -, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah meresmikan kebun mawar “Buana Indah” di Desa Kalangan Kec. Margomulyo, Kamis, (08/09/2022)

Desa Kalangan Kec. Margomulyo melakukan pengembangan bunga mawar dengan konsep Green house berdiri di atas lahan 7×12 m² bersebelahan dengan Balai Desa Kalangan.

Aneka macam warna bunga mawar tumbuh bermekaran dari tangan-tangan terampil Kelompok Tani Sekar Jati binaan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Bojonegoro serta Badan Riset Dan Inovasi Nasional.

Secara geografis Kab. Bojonegoro memiliki potensi pengembangan hortikultura dan florikultura ujar Catur Hermanto selaku perwakilan dari Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini juga merupakan komitmen Bupati Bojonegoro untuk pengembangan hortikultura dan florikultura, karena Bojonegoro memiliki potensi geografis yang strategis dan mudah di akses.

Di samping itu Bojonegoro juga memiliki lahan pertanian yang cukup luas, memiliki sumber daya alam bengawan solo, potensi genetik lokal, potensi pemanfaatan lahan perhutani, serta potensi pasar lokal dan Nasional. Desa kalangan yang di kelilingi sungai bengawan solo bisa menjadi floating market pasar bagi produk pertanian, wisata alam, dan sumber pendapatan daerah, terangnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan, tumbuhan dapat tumbuh berkembang karena ada hubungan timbal balik (simbiosis mutualisme) dengan makhluk hidup yang lain. Green house pengembangan bunga mawar Desa Kalangan ini juga harus di lengkapi dengan pengembangan lebah madu, agar kumbang dapat menghisap sari madu sang mawar.

Tahun kemarin kita sudah berhasil mengembangkan bunga krisan di Desa Klino Sekar, sekarang bunga mawar di Margomulyo, setelah ini juga harus ada pengembangan bunga di wilayah lain seperti wilayah Boti-Sekar (bose) sekar, karena berada di dataran lebih tinggi yang sejuk berbukit, serta memiliki panorama alam yang indah, salah satunya guyangan park, harapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “florikultur juga bagian dari ketahanan pangan”, ada produk turunan yang dapat diinovasikan menjadi teh mawar, minuman sari mawar, selai mawar, sirup mawar, roti, stik keju, dan kerupuk mawar. Selain tantangan inovasi ada satu hal yang lebih penting yakni pemasaran, oleh karena itu saat ini Pemkab Bojonegoro sedang gencar melaksanakan pelatihan digital marketing bagi muda-mudi Bojonegoro untuk menghadapi tantangan global, mengakhiri sambutan.

Peresmian Kebun Mawar “Buana Indah” Desa Kalangan ditandai dengan pemotongan setangkai bunga mawar oleh Bupati Bojonegoro. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Opini & Cerita

Bojonegoro.com – Gaza adalah nestapa berkepanjangan bahkan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, saat dimana setiap anak akan merasakan kebahagiaan,...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mempersiapkan mudik lebaran berlangsung aman, Polres Bojonegoro mengambil langkah proaktif dengan memperketat pengamanan dan pelayanan di jalur poros Bojonegoro – Babat....

Kabar

Bojonegoro.com –  Sang surya pun mulai terbenam, dan rembulan datang menjadi pertanda berakhirnya bulan ramadhan 2024. Senandung takbir sayup-sayup terdengar dari segala penjuru, seluruh...

Kabar

Bojonegoro.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro melakukan pemasangan rambu petunjuk arah jalur alternatif bagi para pemudik yang melintasi jalur utama jalan nasional. Pemasangan...

X