Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220908 WA0003

Kabar Desa

Bupati Bojonegoro Resmikan Kebun Mawar “Buana Indah” Di Margomulyo

Bojonegoro.com -, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah meresmikan kebun mawar “Buana Indah” di Desa Kalangan Kec. Margomulyo, Kamis, (08/09/2022)

Desa Kalangan Kec. Margomulyo melakukan pengembangan bunga mawar dengan konsep Green house berdiri di atas lahan 7×12 m² bersebelahan dengan Balai Desa Kalangan.

Aneka macam warna bunga mawar tumbuh bermekaran dari tangan-tangan terampil Kelompok Tani Sekar Jati binaan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Bojonegoro serta Badan Riset Dan Inovasi Nasional.

Secara geografis Kab. Bojonegoro memiliki potensi pengembangan hortikultura dan florikultura ujar Catur Hermanto selaku perwakilan dari Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini juga merupakan komitmen Bupati Bojonegoro untuk pengembangan hortikultura dan florikultura, karena Bojonegoro memiliki potensi geografis yang strategis dan mudah di akses.

Di samping itu Bojonegoro juga memiliki lahan pertanian yang cukup luas, memiliki sumber daya alam bengawan solo, potensi genetik lokal, potensi pemanfaatan lahan perhutani, serta potensi pasar lokal dan Nasional. Desa kalangan yang di kelilingi sungai bengawan solo bisa menjadi floating market pasar bagi produk pertanian, wisata alam, dan sumber pendapatan daerah, terangnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan, tumbuhan dapat tumbuh berkembang karena ada hubungan timbal balik (simbiosis mutualisme) dengan makhluk hidup yang lain. Green house pengembangan bunga mawar Desa Kalangan ini juga harus di lengkapi dengan pengembangan lebah madu, agar kumbang dapat menghisap sari madu sang mawar.

Tahun kemarin kita sudah berhasil mengembangkan bunga krisan di Desa Klino Sekar, sekarang bunga mawar di Margomulyo, setelah ini juga harus ada pengembangan bunga di wilayah lain seperti wilayah Boti-Sekar (bose) sekar, karena berada di dataran lebih tinggi yang sejuk berbukit, serta memiliki panorama alam yang indah, salah satunya guyangan park, harapnya.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Imbau BPD Mampu Cipta Harmonisasi di Masyarakat

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “florikultur juga bagian dari ketahanan pangan”, ada produk turunan yang dapat diinovasikan menjadi teh mawar, minuman sari mawar, selai mawar, sirup mawar, roti, stik keju, dan kerupuk mawar. Selain tantangan inovasi ada satu hal yang lebih penting yakni pemasaran, oleh karena itu saat ini Pemkab Bojonegoro sedang gencar melaksanakan pelatihan digital marketing bagi muda-mudi Bojonegoro untuk menghadapi tantangan global, mengakhiri sambutan.

Peresmian Kebun Mawar “Buana Indah” Desa Kalangan ditandai dengan pemotongan setangkai bunga mawar oleh Bupati Bojonegoro. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X