Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik dan Pemerintahan

Capaian Realisasi IKM Kabupaten Bojonegoro Berhasil Naik Lampaui Target Kado Terindah Ultah Anna Muawanah

IMG 20220203 WA0084

Bojonegoro.com – Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kumulatif Kabupaten Bojonegoro atas 19 OPD mengalami kenaikan pada pada skor 3,54 setara dengan 88,50 yang berarti berada pada mutu Sangat Baik. Hasil IKM Kumulatif 19 OPD sebelumnya adalah 87,63, naik sejumlah 0,87. Ekspose serta evaluasi atas hasil akhir SKM dipimpin langsung oleh Bupati Bojonegoro di ruang rapat Batik Madrim, gedung Pemkab Bojonegoro. Kamis, 03/02/2022.

Pelaksanaan SKM melibatkan 19 OPD yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan total 21 jenis layanan serta  1.163 responden.

Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan oleh Pt Indekstat Indonesia selaku surveyor  di Tahun 2021 dengan sasaran 29 OPD. Sedangkan, hasil rata-rata IKM pada 29 SKPD adalah : 3,53 (NI) setara dengan 88,40 (NIK), Mutu Pelayanan : A, Predikat Kinerja Pelayanan : Sangat Baik.

Realisasi/capaian IKM Pemkab Bojonegoro dengan sampling 29 SKPD ini juga berhasil melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2021. RPJMD yang ditetapkan pada tahun 2018-2023 (Perda No. 2 Tahun 2019) adalah : 3,27 (NI) setara dengan 81,75 (NIK), Mutu Pelayanan : Baik, Predikat Kinerja Pelayanan : Baik.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa meski hasil IKM berhasil naik melampaui target, namun beliau tidak lupa mengingatkan untuk melakukan pembenahan dalam beberapa aspek yang belum maksimal. “Kita harus memperbaiki pelaksana kebijakan serta sarana dan prasarana aduan yang dirasa masih kurang.”, Ungkap Bupati Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro juga menghimbau kepada masing-masing OPD agar website serta kanal pengaduan masyarakat untuk lebih dioptimalkan lagi. Hal ini karena unsur penyusun indeks kepuasan masyarakat adalah persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian, biaya, produk spesifikasi jenis layanan, kompetensi, perilaku, penanganan pengaduan dan sarana prasarana.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Segera Terapkan SPBE Guna Proses Kerja Efektif dan Efesien

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pelaksana adalah Unit pelayanan publik secara berkala setiap 3 bulanan (triwulan), 6 bulanan (Semester) atau 1 tahun. SKM bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat serta sebagai instrumen perbaikan layanan pemerintah. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Profile

Bojonegoro.com – Selamat Pagi Bojonegoro – Hallo Bojonegoro, Sapaan itu selalu terdengar setiap hari dari seorang penyiar radio Malowopati FM 95,8 MHz. Itu adalah...

X