Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Cegah Penyakit LSD, Pemkab Bojonegoro Siapkan 500 Dosis Vaksin

9U9IyH3RAdwtzrLc

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menyiapkan kuota 500 dosis vaksin untuk ternak sapi guna mengatasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD). Vaksin ini akan disebarkan bagi lap peternak di wilayah 5 kecamatan yaitu Kasiman, Malo, Purwosari, Ngraho dan Tambakrejo.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Disnakkan Bojonegoro, Lutfi Nurrahman, menyebutkan vaksin ini didapatkan dari kuota pemerintah provinsi yang disebarkan di seluruh Jawa Timur. Vaksin akan diberikan kepada ternak sapi yang kondisinya sehat setelah dokter atau mantri hewan melakukan pemeriksaan.

“Akan diberikan untuk sapi yang sehat, baik yang benar-benar sehat ataupun sudah sembuh dari penyakit LSD,” kata Lutfi, Jumat (5/5/2023).

Penyakit LSD pada sapi ditandai dengan bentol-bentol pada kulit dan sering disertai kebengkakan pada kaki dan gelambir. Penyakit ini perlu diantisipasi karena penanganannya akan lebih mudah.

Lutfi menambahkan jika vaksin diberikan ke sapi yang terjangkit penyakit akan membuat lemah dan hasilnya tidak efektif. Lutfi berpesan agar pemilik sapi selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kandang sapi. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit karena penularannya lewat lalat dan nyamuk.

“Tanaman yang tinggi atau rumput yang sekiranya dapat menjadi sarang nyamuk sebaiknya dibersihkan. Juga bisa menggunakan obat nyamuk atau kalau bahasa sini kan diasapi (bediang) juga,” ucapnya.

Ia menambahkan, vaksin ini kemungkinan kuotanya bisa bertambah sesuai dari Pemerintah Provinsi. Selain vaksin untuk penyakit LSD, Disnakkan Bojonegoro juga menyediakan vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) yang disebarkan ke 28 kecamatan wilayah Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X