Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Cegah Penyebaran PMK, Polsek Tambakrejo dan Disnakan Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Vaksin Hewan Ternak

IMG 20230126 WA0010

Bojonegoro.com – Guna mengantisipasi sebaran penyakit Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) pada hewan ternak milik warga, petugas gabungan dari Polsek Tambakrejo Polres Bojonegoro, Koramil Tambakrejo, Satpol PP Tambakrejo dan Dinas Peternakan Bojonegoro melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan dan penyuntikan vaksin hewan ternak di beberapa Desa Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro, Kamis(26/1/2023).

Kegiatan tersebut, dipimpin oleh Kapolsek Tambakrejo, IPTU M. Tohir dan diikuti Camat Tambakrejo, Danramil Tambakrejo, dokter/mantra hewan.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK melalui Kapolsek Tambakrejo, IPTU M. Tohir mengatakan penyemprotan cairan disinfektan pada hewan, kandang dan penyuntikan vaksin pada hewan ternak milik warga dilakukan merupakan langkah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran PMK.

“Hari ini petugas gabungan Kecamatan Tambakrejo melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan pada hewan dan kandang ternak milik warga. Juga dilakukan penyuntikan vaksin pada hewan ternak sejumlah 52 ekor sapi. Kegiatan bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit PMK pada hewan ternak,” jelas Kapolsek, IPTU M. Tohir kepada awak media di lokasi.

Sementara itu, petugas gabungan mendatangi kandang hewan ternak dan melakukan pemeriksaan hewan ternak oleh tim medis.

“Alhamdulillah untuk wilayah Kecamatan Tambakrejo masih aman adanya penyakit PMK pada hewan,” ucap M. Tohir.

Kapolsek Tambakrejo mengiimbau kepada pemilik hewan ternak tetap menjaga kebersihan kandang dan pemberian makan yang cukup serta apabila ada gejala di tubuh hewan terdapat luka atau mulut berbusa segera melaporkan Bhabinkamtibmas atau Babinsa untuk diteruskan ke Dinas Peternakan atau mantri hewan.

“Apabila diketemukan penyakit yang tidak wajar segera melapor untuk secepatnya ditangani menghindari penyebaran,” Ujar Kapolsek.

Harapannya kegiatan ini, masyarakat bisa aktif dalam melakukan kegiatan pengawasan dan juga menjaga lingkungan ternaknya agar terhindar dari PMK. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Banyaknya penerangan jalan umum (PJU) yang telah dipasang Pemkab Bojonegoro di seluruh wilayah kecamatan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan adanya PJU, masyarakat...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Ratusan warga Bojonegoro memadati lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Bulog di...

X