Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230918 WA0043

Pendidikan

Departemen Administarsi Publik, FISIP Unair bersama University of Melbourne Laksanakan Program PPDB Masyarakat Samin

Bojonegoro.com – Sulikah Asmorowati S.Sos., MDevSt, PhD dari Departemen Administarsi Publik , Fakulats Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Airlangga bersama Dr. Violeta Schubert Mitra International dari The University of Melbourne, Australia hadir ke desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro guna melaksanakan sosialisasi kegiatan Program Pengembangan Desa Binaan (PPDB).

Kegiatan sosialisasi Program Pengembangan Desa Binaan (PPDB) berlangsung di pendopo Balai Desa Margomulyo dihadiri oleh pemerintah kecamatan Margomulyo, pemerintah desa Margomulyo, tokoh masyarakat Samin dan masyarakat desa. Usai pemaparan sosialisasi rombongan melanjutkan dengan tinjau lapangan. Senin, 18/09/2023.

Mengambil judul “Co-Production Pada Tata Kelola (Governance) Desa Margomulyo Berbasis Local Wisdom Masyarakat Samin” kegiatan program pendampingan pengembangan Desa bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa, khususnya masyarakat Samin dan Desa Margomulyo pada  umumnya, hingga tercipta masyarakat desa Margomulyo bisa lebih maju dan berdaya.

Dalam sosialisasi yang disampaikan oleh Sulikah Asmorowati terungkap kegiatan pendampingan pengembangan direncanakan akan dilaksanakan selama 2 tahun, dan ini adalah tahun pertama. Adapun kegiatan, pada tahun pertama ini terdiri dari :

– Sosialisasi dan Pelatihan mengenai implementasi konsep co-production dalam rangka mencapai good governance dalam tata kelola Desa Wisata Budaya Margomulya, khsuusnya masyarakat Samin.

– Sosialisasi mengenai Smart Samin (platform untuk mendukung ekonomi digital masyarakat Samin samin yang terintegrasi)

– Pengembangan Taman Kemiri Sunan, dimana tim pengabdian masyarakat Unair akan bekontribusi berupa ‘ide/konsep/desain mini sains park sebagai upaya pengembangan Taman Kemiri Sunan. Sedangkan implementasinya akan dilaksanakan di tahun kedua atau tahun depan.

Sementara, Bambang Sutrisno putra Mbah Harjo Kardi keturunan Samin Surosentiko ke lima ditanya terkait program ini menyampaikan menyambut baik program yang diinisiasi oleh Universitas Airlangga Surabaya.

Baca Juga :  Zada dan Elang, Siswa SMPN 1 Bojonegoro Raih Ensambel Musik Terbaik FLS2N 2023

“Samin untuk semua orang yang memiki hati dan pemikiran terbuka guna pengenalan dan kebaikan masyarakat Samin” ujar Bambang.

Tim pengabdian masyarakat dalam program pengembangan desa Margomulyo adalah sebagai berikut :

KETUA :

Sulikah Asmorowati, S.Sos., M.Dev.St., pH.D

ANGGOTA:

Prof. Dr. H Jusuf Irianto, Drs., M.Com.

Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM., Ph.D

Darmawan Tri Pangestu.

Dwi Retno Ayu Novianti.

Dyah Ayu Wiranti

Dwi Nanda Puspitasari.

Amelia Marihesya.

Gabby Julia Prasistya

Muhammad Dzulfikar

Dan partner atau mitra adalah Dr Violeta Schubert.

Keunikan Masyarakat Samin dan ajaran saminisme yang masih terjaga tidak pernah berhenti menarik perhatian baik dari kalangan seni, budaya maupun akademisii untuk melaksanakan penelitian atau kegiatan program guna membantu pengembangan desa.

Seakan akan senua hal terkait Samin semakin digali semakin menarik, Hal tersebut yang menjadikan para akademisi datang untuk sebuah penelitian ataupun melaksanakan kegiatan guna memberikan program pengembangan masyarakat Samin.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro resmi mulai dipimpin oleh Adriyanto, SE., MM., Ma., Ph.D, setelah dilantik sebagai Penjabat Bupati Bojonegoro, Minggu (24/9/2023). Pelantikan dan pengambilan...

Kabar

Bojonegoro.com – Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan nomor telepon ‘0852-8111-1235’ yang mengatasnamakan Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto. Nomor telepon hoax tersebut juga memasang profil Pj....

X