Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Diduga Tak Memiliki Izin, Pedagang Pasar Lama Tolak Pendataan

IMG 20230228 WA0004

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mendapatkan penolakan pendataan dari para pedagang pasar lama (Tradisional) yang terletak di Kelurahan Ledok Wetan dan Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi, menjelaskan pendataan tersebut bertujuan untuk menginventarisir para pedagang yang memiliki izin pemanfaatan bedak, kios atau toko, maupun loss.

“Tapi, niat baik kami ditolak oleh para pedagang,” ujar Sukaemi, Senin (27/2/2023).

Sukaemi menyampaikan akan terus melakukan pendekatan secara personal kepada para pedagang karena ada perubahan yang menempati lapak, kios atau toko maupun loss dari tahun ke tahun.

“Dugaan sementara karena memang sebagian tidak memegang izin pemanfaatan pasar selain itu takut juga karena ada intervensi,” tukasnya.

Terpisah, salah satu pedagang pasar lama, Sukirah (70), mengaku selama ini hanya mengikuti teman-teman pedagang lainnya. Jika akan dipindahkan dari pasar, wanita yang berjualan makanan dan minuman sejak 2019 lalu itu akan mematuhi aturan.

“Kalau disuruh pindah ya tidak apa-apa sepanjang semua pedagang di pasar ini juga pindah. Atau, kalau misal dipindah sama Pemkab, ya saya jualan ditempat lain,” imbuhnya.

Selama berjualan, dia tidak pernah membayar sewa kepada Pemkab Bojonegoro karena merasa memiliki bangunan yang ditempatinya berjualan.

Ditanya akta jual beli, wanita paruh baya tersebut mengaku memasrahkan semua pada anaknya yang juga pedagang di pasar lama.

“Saya ini orang tua, ada tempat ya saya manfaatkan untuk jualan, kalaupun diminta pindah ya pindah ndak papa, cari tempat yang dekat rumah,” jelasnya.

Dia mengaku, jika selama ini sudah membayar iuran pada Paguyuban Pedagang Pasar sebesar Rp2000 setiap hari. Hanya saat ini, mulai diberlakukan pembayaran tiap bulan sebesar Rp60.000 untuk kebersihan

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com  –  Brigadir Lhinda Rahmawati seorang polisi wanita (Polwan) dari polres Bojonegoro, wanita cantik berkaca mata ini juga merupakan seorang atlet Karate. Penampilannya nampak...

Olahraga

Bojonegoro.com  – Even Kemala Run 2024 yang diselenggarakan oleh Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari Pusat dan diikuti 10.000 peserta baik dari Nasional maupun Internasional...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – BLITAR -, Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke- XXI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-21 Provinsi Jatim Tahun...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto mengukuhkan 408 kepala desa (kades) yang mendapatkan perpanjangan masa jabatan. Kegiatan digelar Senin (10/6/2024) di Pendopo Malowopati...

X