Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220727 WA0036

Ekonomi

Dihadapan Menparekraf, Bupati Berjanji Akan Segera Bangun Gedung BCH Guna Majukan Ekonomi Kreatif Bojonegoro

Bojonegoro.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Bojonegoro dengan beberapa agenda, Diantaranya membuka Bimtek SDM Ekraf TEMATIK (Temu Teman Insan Kreatif) subsektor periklanan. Rabu (27/7/2022).

Acara Bimtek di Eastren Hotel Jalan Veteran Bojonegoro tersebut merupakan upaya Kemenparekraf menambah lapangan kerja di sektor wisata. Bimtek dihadiri 100 peserta dari pelaku industri kreatif seperti sub sektor kriya dan sub sektor makanan minuman.

Bupati Bojonegoro Ibu Anna Mu’awanah yang menyambut Menparekraf dan rombongan menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sarpras (sarana dan prasaran) untuk peningkatan ekonomi kreatif. Pada tahun ini akan dibangun gedung Bojonegoro Creative Hub (BCH). “Di ujung tahun ini Insyaallah Pak Menteri juga akan meresmikan gedung BCH/Bojonegoro Creative Hub. Ini adalah upaya pemerintah Bojonegoro memberikan fasilitas pada pelaku ekonomi kreatif,” terang Bupati Anna.

Sementara itu, dalam sambutannya Menparekraf Sandiaga Uno menilai langkah Bupati Bojonegoro merupakan strategi yang tepat. Hal itu menunjukkan komitmen Pemkab untuk memberi ruang kreatif bagi industri baru ini.

“Kedepan, yang TEMATIK (temu teman insan kreatif) ini kita usahakan menjadi bagian dari BCH,” terang Menteri.

Dalam acara Bimtek TEMATIK tersebut, selain dihadiri Bupati Anna juga hadir jajaran Forkompimda Bojonegoro, diantaranya Kapolres, Dandim 0813, Kajari, serta pejabat Dinas Pariwisata Jawa Timur, Disbudpar Bojonegoro.

Ekonomi Kreatif saat ini banyak sekali diminati masyarakat khususnya anak muda. Ekonomi kreatif juga memberi nilai tambah setiap industri. Hal ini memantabkan Pemkab Bojonegoro untuk memberi fasilitas ruang publik dengan nama Bojonegoro Creative Hub (BCH).

Sebelunya BCH memanfaatkan gedung yang sudah ada, namun tahun ini akan segera dibangun gedung yang memang representatif sebagai gedung kreatif yang dapat menampung 17 subsektor ekonomi kreatif.

Baca Juga :  Persyaratan Mudah, Pemkab Bojonegoro Buka Peluang Warga Berjualan di Pasar Wisata

Sementara itu, Ketua Komite ekonomi kreatif Bojonegoro Handoko SHW atau biasa disapa Hans Wijaya menuturkan komite ekraf telah melakukan FGD pemetaan ekonomi kreatif di daerah dan telah memberi rekomendasi kepada lintas OPD. Semua bersama membangun ekonomi kreatif.

Terkait rencana pembangunan gedung BCH, ia berharap bisa segera direalisasikan melalui DPKP Cipta Karya. Sebelumnya, rancangan Gedung BCH juga diserahkan kepada pelaku industri kreatif sub sektor Animasi dan Desain interior yang merupakan putra putri terbaik daerah pada bidangnya.

“Pembangunan ekonomi kreatif memang wajib disisir dari bawah. Ini sejalan dengan semangat ibu Bupati untuk membangun Bojonegoro yang partisipatif. Tahun lalu kami mengajak para konten kreator khusunya animasi dan desain interior untuk membuat perencanaan BCH. Dan Alhamdulliah tahun ini telah diwujudkan oleh Ibu Bupati,” terangnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro bersama OPD terkait mengundang elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Bojonegoro untuk melakukan diskusi bersama membahas tentang kemajuan Bojonegoro kedepan....

Kabar

bojonegoro.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro meraih penghargaan sebagai satuan kerja (satker) mitra kerja Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro dengan nilai IKPA...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, di Jalan Veteran, Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, telah selesai dan diresmikan...

X