Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Dinas Pemadam Bojonegoro Edukasi Siswa Kenalkan Penanganan Kebakaran Sejak Dini

RuOqn47Iir5JJ4DG

Bojonegoro.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan anak-anak RA (Raudhatul Athfal) Mambaul Ulum Campurejo, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (08/02/2023). Kunjungan ini merupakan kegiatan rutin Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk ikut mengenalkan bahaya kebakaran dan cara penanganannya sejak dini sebagai sarana belajar siswa.

Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh 53 anak-anak RA Mambaul Ulum Campurejo didampingi wali kelas dan orangtua. Anak-anak mendapat materi sederhana dari petugas Damkar. Yaitu pengenalan tugas Dinas Damkar, pengenalan pakaian petugas Damkar, pengenalan alat pemadam kebakaran, penyemprotan air dan praktik pemadaman kebakaran.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Teguh Aris, menjelaskan kunjungan ini merupakan bentuk program dinas dalam rangka sosialisasi sejak usia dini.

“Materi yang diberikan menggunakan metode belajar sambil bermain agar anak-anak mudah memahami dengan didukung alat peraga seperti baju tahan panas, alat penyemprot air dan tongkat capit ular,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, program sosialisasi tentang pencegahan dan pengendalian kebakaran tidak hanya untuk usia dini saja. Tetapi juga untuk tingkat sekolahan lainnya termasuk universitas dan masyarakat umum secara gratis. Caranya dengan mengajukan surat terlebih dahulu yang ditujukan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojonegoro.

Menurut data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojonegoro, rata-rata pengunjung setiap tahunnya mencapai 4.000 orang. Selain dari wilayah Kabupaten Bojonegoro, sebagian pengunjung untuk edukasi juga dari sekolah Kabupaten Tuban dan Kabupaten Blora.

Sementara itu menurut salah satu wali kelas RA Mambaul Ulum Campurejo, Dewi Utari, dengan kunjungan ini para siswa dapat belajar memahami dan menambah wawasan dari materi yang diberikan oleh petugas.

“Sangat membantu untuk mengenalkan tentang kebakaran, yang sebelumnya belum tahu menjadi tahu secara langsung,” ungkap Dewi.

Baca Juga :  Pemerhati Pendidikan dari Brains Community Sayangkan Sikap dan Pernyataan Kemenag Bojonegoro

Untuk pelayanan dan penanganan kebakaran serta kejadian bahaya lainnya, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojonegoro tidak memungut biaya apapun (gratis). Call Center Damkar Bojonegoro (0353) 113 (24 jam).

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro mengerahkan tenaga kebersihan dengan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di beberapa titik selama libur lebaran hari...

Wisata

Bojonegoro.com – Libur lebaran Idul Fitri 1445 H dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro yang ramai dikunjungi...

X