Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220208 WA0030

Seni dan Budaya

Disbudpar Bojonegoro Gelar Launching dan Workshop Tari Selamat Datang “Langen Thengul”.

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara Launching dan Workshop Tari Selamat Datang “Langen Thengul”. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Selasa ,08/02/2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh para seniman Bojonegoro, rektor perguruan tinggi di Bojonegoro, Kepala OPD terkait, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda yang sekaligus mewakili Bupati Bojonegoro yang berhalangan hadir.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berdasarkan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian Kesenian Tradisional, dan Program Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya pengembangan dan pemajuan kebudayaan Bojonegoro.

Budiyanto menyampaikan bahwa proses pembuatan tari selamat datang Langen Thengul ini adalah hasil arahan dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan juga hasil diskusi dengan para seniman yang ada di Bojonegoro.

Proses pembuatan Tari Langen Thengul ini juga melibatkan sarjana-sarjana dari perguruan tinggi yang kompeten dalam kesenian dan kebudayaan yaitu ISI Surakarta dan UNESA Surabaya. Sedangkan untuk tim penari diambil dari generasi milenial Bojonegoro yang berusia 15-17 tahun.

Lebih lanjut Budiyanto menyampaikan bahwa tujuan diadakannya launching dan workshop ini agar tari Langen Thengul segera dikenal dan masyarakat Bojonegoro.

Workshop ini diikuti oleh 116 orang dengan rincian seniman perwakilan dari kecamatan se-Bojonegoro sebanyak 28 orang, guru seni budaya SD 28 orang, guru seni budaya SMP 28 orang, guru seni budaya SMK/SMA 28 orang, dan perwakilan mahasiswa sebanyak 6 orang. Untuk narasumber dari UNESA Surabaya dan pelaku seni dari sanggar Anggling Dharma.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kusnandaka Tjatur dalam sambutannya mewakili Bupati Bojonegoro menyampaikan permohonan maaf dari Ibu Bupati yang tidak bisa hadir secara langsung dalam acara launching dan workshop ini. Selanjutnya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda diperintahkan untuk membacakan sambutan Bupati Bojonegoro.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Full Moon Bersama Abah Kirun di Desa Deling

“Acara ini merupakan sebagai wahana kreasi para seniman Bojonegoro sesuai Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Tradisional” tutur Bupati Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro juga mengucapkan terima kasih kepada seniman yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk menciptakan tari Langen Thengul ini. “Saya ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama saling berkomunikasi agar tejadi hubungan yang baik demi mendukung terciptanya produksi Bojonegoro baik di era budaya wisata yang energik dan produktif,” ujar Bupati Anna Mu’awanah.

Dalam sesi terakhir, Kusnandaka Tjatur membuka Launcing Tari Langen Thengul dan menyaksikan sajian tariannya bersama para peserta workshop

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – 32 Tim bertanding di Grand Final ESprot Bupati Cup 2022 dan berusaha menampilkan yang terbaik,  dipandu 2 reporter pertandingan yang digelar di...

Olahraga

Bojonegoro.com – Muhamad Haviz Rizal Wibowo (13) dan Aurelia Zahara Asa (13) atlit renang potensial dari Bojonegoro mampu menorehkan prestasi yang membanggakan saat mengikuti...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

X