Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Disnakkan Bojonegoro Tebar 932 Ribu Benih Ikan Guna Pemenuhan Gizi Masyarakat

IMG 20210831 WA0085

Bojonegoro.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menebar benih ikan di perairan umum. Sebanyak 932.900 ekor benih Ikan Tawes dan Nila akan ditebar di berbagai tempat di Kabupaten Bojonegoro, tujuannya agar dapat dimanfaatkan oleh warga untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat.

Tujuan lain penyebaran benih ikan tersebut adalah diharapkan kesimbangkan ekosistem di air tawar bisa terjaga serta memberikan harapan kepada masyarakat di desa agar mendapat tambahan bisa mengkonsumsi ikan segar. Selain itu juga mendukung program pemerintah dalam gerakan makan ikan (Gemarikan).

Ditemui diruang kerjanya, Sekretaris Disnakkan Bojonegoro, Imam Suprayogi menyampaikan, penebaran benih ikan tersebut beberapa kali telah dilakukan oleh pihak Disnakkan Bojonegoro secara periodik, adapaun teknis penebaran benih ikan itu dilakukan secara bergilir diberbagai embung yang ada, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan bagi masyarakat Bojonegoro. Selama, 31/08/2021.

” Bantuan benih itu ada dua jenis ikan yakni Ikan tawes dan nila, diberikan secara gratis untuk masyarakat. Saya berharap benih ikan dijaga dan dirawat bersama,” jelas Imam.

Menurutnya pemilihan dua jenis ikan tersebut dikarenakan mudah perawatannya. Disamping lebih mudah karena ikan itu termasuk hewan ikan pemakan tumbuhan atau herbovira dan cocok untuk ditebar disegala jenis air.

“Benih ikan ditebar ke 77 embung yang tersebar di 23 Kecamatan Kabupaten Bojonegoro,” terangnya.

Penebaran ikan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat sekitar, khususnya kemudahan mendapatkan protein hewani dari jenis ikan air tawar.

“Penebaran benih ikan disetiap embung nantinya tergantung luas lahan embung yang tersedia, namun setiap luas lahan embung bila mencapai 2 hektar akan ditaburi benih ikan sebanyak 10 ribu ikan Nila dan Tawes,” ucapnya.

Baca Juga :  Peringatan Harkitnas, Komunitas Pecinta Sepeda Tua Bojonegoro Sowan ke Dandim 0813

Dengan adanya tabur benih ikan, kedepan bisa membantu masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan serta mengaktifkan dan memproduktifkan peranan embung yang tidak hanya sebagai pengairan saja. Namun juga sebagai lahan produktif untuk mengelola ikan,.

Sekedar diketahui pada tahun 2020 lalu, Disnakkan juga telah menyebar benih ikan sebanyak 902.700 ekor ikan yang disebar pada 25 Kecamatan diwaduk, embung, kali hingga bengawan solo.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Profile

Bojonegoro.com – Selamat Pagi Bojonegoro – Hallo Bojonegoro, Sapaan itu selalu terdengar setiap hari dari seorang penyiar radio Malowopati FM 95,8 MHz. Itu adalah...

X