Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210920 WA0050

Kabar

DLH : Kebocoran Minyak Mentah Pertamina Berpotensi Merusak Lingkungan

Bojonegoro.com – Kebocoran minyak mentah di jaringan pipa distribusi distrik kawengan milik Pertamina, dari lapangan minyak di Desa Banyu Urip, menuju ke MOS Menggung Cepu yang terjadi Dusun Ngelo, Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, disebut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Pencemaran Air, Tanah dan Udara DLH Bojonegoro, Tuti Prangmiatun mengatakan, fluida (segala zat yang dapat mengalir) minyak mentah atau lantung mempunyai kompisisi zat yang berbahaya bagi lingkungan hidup.

Secara umum, kebocoran minyak mentah berpotensi mempunyai dampak yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan,” katanya kepada Bojonegoro.com, Senin (20/09/2021).

Kendati untuk menentukan seberapa besar dan kecilnya dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan harus terukur secara ilmiah melalui uji laboratorium, tambah Tuti.

Disebutkan, sejumlah komponen minyak mentah merupakan zat yang bisa menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan. Seperti sulfida terlarut, hydrocarbon, amoniak, dan H2S.

“Misal tanaman jagung kena itu ya lama-lama bisa mati,” terang perempuan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

Menurut Tuti, jika prosedur tetap (Protap) teknis sudah dilakukan oleh Pertamina, pihaknya menilai sebetulnya cukup aman untuk lingkungannya. Pihaknnya akan segera melakukan kroscek ke lokasi, namun menunggu surat masuk dari Pertamina.

“Nanti kalau surat dari Pertamina sudah masuk kami, akan kami kroscek ke lapangan. Apakah sudah bersih dan aman untuk lingkungan atau belum. Jika belum nanti ada tindakan selanjutnya,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro tidak pernah kehabisan talenta talenta muda dalam bidang seni, khususnya seni musik, salah satunya adalah Chaiya Zada Al – Choir,...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Sulikah Asmorowati S.Sos., MDevSt, PhD dari Departemen Administarsi Publik , Fakulats Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Airlangga bersama Dr. Violeta...

Kabar Desa

Bojonegoro.com – Puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia dan dalam menyambut Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 346, Warga Dukuhan RT 24 dan...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Puluhan Warga kelurahan Sumbang kecamatan/ Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam Paguyuban Sekitar Rel Kereta Api Sumbang (Pasirkambang) mendatangi Gedung DPRD Bojonegoro guna...

X