Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Dongkrak Prestasi Olahraga, Komisi C DPRD Bojonegoro Rekomendasikan Anggaran Cabor Ditambah

IMG 20231013 005918

Bojonegoro.com – Perolehan Medali dan menurumnya peringkat Kontingen kabupaten Bojonegoro dalam Porprov Jatim 2023 kemarin menjadi perhatian dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro. Dalam rapat dengar komisi, yang dipimpin langsung oleh Mochlasin Afan. Ketua Komisi C.

Sejumlah cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, merasa dana yang dianggarkan untuk cabor masih kurang jauh dari kebutuhan yang seharusnya. Sehingga mereka banyak mengalami kendala dan kurang maksimal dalam pembinaan dan hal itu berimbas pada kemampuan mendongkrak prestasi atlet sampai level maksimal.

Mengingat dan mendalami keluhan dari masing masing cabor tersebut Mochlasin Afan merekomendasikan agar anggaran pembinaan yang tertera di draft KONI Bojonegoro agar ditinjau ulang.

Sekretaris IPSI Bojonegoro, Sasmito Anggoro menilai, anggaran hibah untuk pembinaan cabor pencak silat masih jauh dari cukup. Dia merasa anggaran cabang olahraga (cabor) sebesar Rp3,5 miliar, dan pencak silat hanya mendapat tak lebih dari Rp100 juta.

Dengan anggaran yang dianggap minim, Sasmito merasa anggaran sebesar itu tidak cukup mampu mendongkrak prestasi atlet sampai level maksimal.

“Saya pikir pencak silat patut mendapat setidaknya Rp300 juta, untuk itu sebaiknya untuk cabor  dianggarkan lebih besar lagi, mestinya bisa lebih  dari Rp3,5 miliar,” jelasnya kepada Bojonegoro.com, Rabu (11/10/2023).

Senada dengan Sasmito, pegiat cabor angkat besi, Muhammad Fauzan menyatakan, tak hanya anggaran pembinaan yang perlu diperbesar, tetapi juga perlu anggaran untuk pembangunan infrastruktur olahraga. Terlebih angkat besi adalah cabor potensial.

“Tetapi sampai hari ini cabor kami tidak punya peralatan latihan dan masih numpang,” ungkap atlet asal Desa Sumbertlaseh.

Terpisah, pengamat olahraga atletik sekaligus mantan pengurus KONI Bojonegoro, Imam Nurcahyo, merasa prihatin dengan belum adanya sarana prasarana olahraga atletik. Mengingat, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro yang demikian besar.

“Prestasi olahraga Bojonegoro justru kian jeblok dari tahun ke tahun, padahal punya dana gede, saya pikir hanya soal kebijakan, mau atau tidak, berapa sih biaya bikin sirkuit?,” ujarnya mempertanyakan.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Mochlasin Afan menyatakan, keluhan para perwakilan cabor telah ditangkap melalui rapat kerja Komisi C hari ini, Rabu (11/10/2023) bersama KONI Bojonegoro, Dinpora, dan sejumlah cabor, terkait kenaikan anggaran hibah untuk KONI setempat dari semula Rp2,5 miliar menjadi Rp10 miliar.

“Kalau masalah kurang anggaran, hampir seluruh cabor tadi menyampaikan kalau dana untuk cabornya sangat minim,” beber Politikus Partai Demokrat ini.

Oleh sebab itu, ketika dia melihat draft anggaran KONI untuk cabor hanya dialokasikan Rp3,5 miliar, Afan merekomendasikan agar anggaran itu dihitung ulang.

“Sehingga catatannya, paling tidak lebih dari 50% anggaran itu untuk cabor, bukan untuk KONI,” tuturnya

Kendati, terdapat beberapa catatan kesepakatan yang menjadi penekanan dalam rapat kerja bersama. Antara lain, pertanggungjawaban penggunaan anggaran agar benar-benar menjadi komitmen penerima anggaran. Sedangkan sarana prasarana menjadi tanggung jawab Dinpora agar segera dibangun dalam beberapa tahun kedepan.

“Selain itu proteksi terhadap atlet berprestasi agar segera dirumuskan teknisnya untuk menghindari kepindahan atlet ke daerah lain, dan sinergi antar pihak terkait pengembangan prestasi olahraga agar ditingkatkan,” pungkas Afan.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pegiat dan pecinta bonsai di kabupaten Bojonegoro Jawa timur tergolong besar, hal itu bisa diketahui dari setiap ada pemeran bonsai selalu dipadati...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Sebagai upaya memperkuat tali silaturrahim, Pemkab Bojonegoro menggelar halal bihalal bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman Pendopo Malowopati, Rabu (17/04/2024). Dalam...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota Polri dalam melaksanakan tugas khususnya personel Sat Samapta, Polres Bojonegoro menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Samapta...

X