Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20221102 WA0011

Ekonomi

Dorong Kedaulatan Pangan, Pemkab Bojonegoro Dan Bulog Teken MOU.

Bojonegoro.com – Sebagai kebutuhan mendasar bagi masyarakat kita, pangan merupakan suatu hal penting dalam dimensi kesejahteraan, baik bersifat secara perorangan, komunitas, maupun umum. Penting bagi Pemerintah khususnya Pemkab Bojonegoro untuk memenuhi kebutuhan pangan yang dikenal sebagai ketahanan pangan.

Ditambah tingkat kesejahteraan petani yang rendah juga akan berdampak pada nilai produktivitas pertanian yang lebih rendah. Petani dapat kehilangan motivasi untuk memperpanjang produksi dan mengabaikan standar panen. Akibatnya harga jual komoditas gabah/beras menjadi rendah dan keinginan untuk mendapatkan gizi yang sesuai tidak dapat dipenuhi dengan tepat.

Dihadiri segenap Pimpinan Wilayah Jatim dan Cabang Bulog Bojonegoro, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, dan perwakilan BUMDES Se-Kab. Bojonegoro, Rabu, 02/11/2022 Pemerintah Kabupten Bojonegoro bersama Bulog melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum Of Understanding (MOU) Nomor : 134.4/017/KSB/412.011/2022, Nomor : MOU-21/DB000/KB.03.01/11/2022, Tentang Optimalisasi Produksi Gabah/beras Melalui Modern Rice Milling Plant Dan Pemberdayaan BUMD/BUMDES/POKTAN/GAPOKTAN bertempat di rumah dinas Bupati Bojonegoro.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditanda tangani langsung oleh kedua belah pihak yakni Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita.

Febby Novita mengapresiasi upaya Pemkab Bojonegoro yang tercermin dengan adanya kerja sama baik ini. Febby menyampaikan, saat ini Bulog menjadi pemasok beras terbesar dan memililiki jangkauan yang luas di Indonesia, Kabupaten Bojonegoro salah satunya menjadi titik potensi berdirinya gudang dan penggilingan padi Bulog yang berada di Desa Kunci wilayah Kecamatan Dander.

Dengan adanya gudang dan penggilingan padi tersebut Febby menambahkan, mendistribusikan gabah/beras melalui Bulog akan menjadi nilai manfaat bagi petani regional, agar memiliki akses yang memadai. Selain itu petani tidak lagi menjual gabah/beras ke kartel, perantara, atau tengkulak dengan harga beli rendah, sehingga dapat terbentuk tujuan bersama dengan petani, yaitu membentuk kesadaran kolektif dalam rangka kesejahteraan petani dan ketahanan pangan Nasional.

Baca Juga :  Kegiatan Meet The Investor Tangan Di Atas mendorong pengusaha untuk naik kelas

Dalam hal ini Bulog berkomitmen serta menunjukkan, memberi kesempatan bagi Pemerintah Kab. Bojonegoro untuk mengelola nilai komoditas beras di pasar dan meningkatkan kesejahteraan petani agar dirasakan masyarakat luas dampaknya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah sambut baik bentuk kerja sama sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan Perum Bulog, kesepakatan bersama ini adalah sebagai landasan para pihak untuk saling memberi dukungan serta kerja sama yang saling bermanfaat bagi masing-masing pihak dalam peningkatan produksi dan kualitas gabah/beras, serta optimalisasi pemanfaatan sarana pengolahan gabah/beras melalui Modern Rice Milling Plant (MRMP) serta memberdayakan sumber daya dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat di Kabupaten Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Jagong Budaya bersama Budayawan Sujiwo Tedjo digelar oleh Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di omah aspirasi jalan dr Sutomo 70...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah melaksanakan pembangunan jalan desa melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa sepanjang 427,46 kilometer. Capaian ini merupakan...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan mengumumkan sebanyak 739 mahasiswa lolos dan memenuhi kriteria Beasiswa Prestasi. Beasiswa itu meliputi Beasiswa Scientist...

Kabar Desa

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya air terus mempersiapkan ketersediaan air untuk pertanian di wilayah desa. Terbaru, Pemkab...

X