Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210702 080526

Kabar

DPC Paveti Bojonegoro Ajak Masyarakat Peduli Kemanusiaan Dengan Rutin Donor Darah.

Bojonegoro.com – Dalam rangka ikut memperingati hari donor darah sedunia 2021, Dewan Pengurus Cabang Paveti Bojonegoro melaksanakan kegiatan donor darah bersama, Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan pada hari Jumat 25 Juni 2021, bertempat di Kantor PMI Jl. Sawunggaling No.7, Kadipaten, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan DPC Paveti ini juga sebagai sumbangsih anak bangsa sebagai perwujudtan cita-cita dari ideologi pancasila yang mengutamakan kemanusian.

Kusnul Qotimah, selaku ketua DPC Paveti sekaligus penanggung kegiatan bakti sosial ini menyampaikan “Perjuangan kita tidak hanya untuk memperbesar nama organisasi saja. melainkan memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya berbagi dan peduli akan kemanusiaan, DPC Paveti merasa perlu hadir dan harus peka dengan keadaan sosial”.

Masih menurut Kusnul, Kegiatan Paveti kali ini selain untuk memperingati hari donor darah sedunia 2021 juga sekaligus mengikuti dan meramaikan lomba foto donor darah yg di adakan PMI Bojonegoro. Selain berpahala, donor darah dapat memberikan efek baik pada kesehatan darah si pendonor dan menerima donor, jelas Kusnul.

Dalam kesempatan itu pula DPC Paveti Bojonegoro mengajak masyarakat Bojonegoro untuk rutin melakukan donor darah dan berbagi untuk sesama. ” Ayo bersama Paveti berbagi dan peduli sesama, sebagai perwujudan rasa persatuan dan kemanusiaan kita sebagai anak bangsa, ajak Kusnul.

Setiap individu dapat menjadi Pendonor Darah asal memenuhi persyaratan, dan persyaratan menjadi Pendonor Darah antara lain :
– Usia 17-65 tahun
– Berat badan minimal 47 kg
– Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius
– Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg.
– Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit.
– Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram.
– Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 2 bulan.

Baca Juga :  Damkar Bojonegoro Lakukan 735 Kasus Penyelamatan Tawon dan Ular di Pemukiman

Mendonorkan darah selain bisa meluangkan sedikit waktu buat sesama juga menjadi kebaikan tersendiri bagi kita sebagai sesama manusia. Dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Donor darah dapat mengeluarkan sel darah yang kotor dan merangsang pertumbuhan sel darah baru.

Sumsum tulang belakang juga akan memproduksi sel darah merah agar bisa menggangi sel yang telah hilang, maka pendonor akan merasakan badan yang lebih bugar karena memperoleh sejumplah sel darah merah baru. Dimana diketahui sel darah identik dengan mineral zat besi sebagai komponen pembangunanya. Berikut ini manfaat kesehatan jika kita telah mendonorkan darah :
~ Menyehatkan dan menjaga kesehatan jantung.
~ Meningkatkan produksi sel darah merah.
~ Menurunkan berat badan.
~ Mendeteksi adanya penyakit serius.
~ Menurunkan resiko terhadap kanker.
~ Menimbulkan rasa bugar dan rileks.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

bojonegoro.com – Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 diikuti 341 peserta dari 80 sekolah di kabupaten Bojonegoro yang digelar di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) Zona 2 digelar di jalan poros Desa Luwihaji, tepatnya di Jembatan Terusan Bojonegoro – Blora (TBB) Kecamatan...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sebanyak 52 pejabat. Mereka terdiri dari 10 pejabat administrator, 8 pengawas dan 34...

Olahraga

Bojonegoro.com – Cabang olahraga Bulutangkis merampungkan gelaran Bupati Cup tahun 2022 yang dimulai pada 28 November lalu di Sukorejo Sport Center (SSC) Desa Sukorejo...

X