Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20211211 WA0025

Kabar

EMCL dan SiKAS Launching Rumah Bersama Disabilitas, Tempat Untuk Berkarya dan Berkreasi

Bojonegoro.com – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang bermitra dengan Yayasan Sikas Bhakti Nusantara (Sikas) melaunching Rumah Bersama Disabilitas (RBD) di Jalan Meliwis Putih no 81 Kelurahan Ngrowo Kabupaten Bojonegoro pada Rabu, 08 Dewember kemarin, Perancangan RBD ini juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro dan Dinas Sosial Kabupaten Tuban.

Acara launching juga dibarengi dengan Hari Disabilitas Internasional dimana momen yang tepat dan penting bagi penyandang disabilitas. RBD ini akan menjadi centra diskusi disabilitas sekaligus menjadi tempat berkarya dan berinspirasi untuk meningkatkan hubungan tali silaturahmi penyandang disabilitas dan non disabilitas baik di Bojonegoro dan Tuban. Tak hanya itu, juga menjadi tempat kegiatan organisasi dan galeri usaha mikro kecil (UMK) dari produk yang dibuat oleh teman-teman disabilitas.

“Disinioah tempat untuk bersama, kami dari Sikas membarengi mereka berlatih, mendidik, berwirausaha dan berdiskusi,” tutur Direktur Sikas, Muhammad Yasin dalam sambutan. Ia juga menjelaskan bahwa alasan dibangunnya RBD ini karena masih ada diskriminasi kepada penyandang disabilitas. Sehingga adanya RBD akan menjadi tempat bersama bagi penyandang disabilitas dan sesama.

“Sesama yang dimaksudkan disini yaitu bagi teman-teman sesama disabilitas dan non disabilitas,” tambahnya. Sambutan dilanjutkan oleh Ichwan Arifin selaku External Affairs Manager EMCL menyampaikan bahwa hampir 4 tahun EMCL berkolaborasi dengan penyandang difabel dan Sikas maupun pemerintahan Bojonegoro dan Tuban untuk mengembangkan suatu program dengan harapan bisa memperdayakan masyarakat khususnya perempuan dan difabel.

“Tentu dalam prosesnya kita perlu menggandeng pihak yang mempunyai visi dan kepedulian yang sama. Harapannya dengan ini bisa cepat mengakselerasi pengembangan potensi dan membangun kemandirian pemberdayaan masyarakat,” kata Ichwan. Momentum Hari Disabilitas Sedunia menurutnya bisa menjadi refleksi bagi individu tentang hal-hal apa yang sudah dilakukan dan hal-hal yang harus diimprovisasi untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga :  Sinergi 4 OPD Bangun Kawasan RTH Eks Tanggul Thamrin

Sambutan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang diwakili oleh Kepala Dinsos Bojonegoro, Arwan mengucapkan terimakasih kepada EMCL yang telah memperkrasai dan mendanai RBD ini. “Mudah-mudahan ini menjadi berkah kita semuanya baik EMCL maupun disabilitas dan pihak yang terkait,” ungkap Arwan. Bupati Anna berharap dengan adanya RBD ini dapat mendukung kemandirian disabilitas dan membangkitkan semangat dalam berkarya maupun berkreasi.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – 32 Tim bertanding di Grand Final ESprot Bupati Cup 2022 dan berusaha menampilkan yang terbaik,  dipandu 2 reporter pertandingan yang digelar di...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Muhamad Haviz Rizal Wibowo (13) dan Aurelia Zahara Asa (13) atlit renang potensial dari Bojonegoro mampu menorehkan prestasi yang membanggakan saat mengikuti...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

X