Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital

Fenomena BTSNomic

btsmeal

Bojonegoro.com – Minggu lalu kita mendapatkan berita tentang serbuan pesanan makanan BTS Meal pada gerai cepat saji McDonald oleh pasukan ojek online alias ojol, yang menyebabkan gerai McDonald menghentikan penjualan paket BTS Meal dan menutup gerainya. Penutupan sejumlah gerai ini karena menyebabkan pelanggaran protokol kesehatan di tengah ancaman naiknya pandemi Covid19. Fenomena kehebohan BTS Meal ini juga sampai mendapatkan sorotan berita dari beberapa media di Korea.

Paket BTS Meal yang dijual dengan harga Rp 50 ribuan ini terdiri dari sembilan potong Mc Nugget, satu gelas minuman ukuran medium, kentang goreng medium, dan dua saus spesial yaitu saus Chilli Sweet dan saos Cajun. Pemesanan paket ini dimulai sejak tgl 9 Juni 2021 dan rencananya dapat dipesan selama satu bulan.

Para fans yang memborong paket BTS Meal ini dikenal juga dengan sebutan ARMY. Mereka dibentuk sekitar tahun 2013 setelah satu bulan debut pertama BTS. ARMY merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. dalam bahasa inggris bisa juga diterjemahkan sebagai pasukan atau tentara (army). Mereka merupakan penggemar dari group boy band K Pop BTS atau Bangtan Sonyeondan. BTS ini memiliki jumlah penggemar terbesar di dunia, diperkirakan terdapat 18 juta orang penggemar.

Jumlah penggemar terbesar bukan berada di Korea Selatan. Korea Selatan justru menempati urutan kedua, kemudian diikuti Thailand, Vietnam dan Indonesia. Urutan pertama berada pada Filipina.

Dampak ekonomi dari BTS bagi Korea, berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Hyundai Research Center yaitu telah menyumbang hingga Rp 50 trilyun bagi pertumbuhan ekonomi korea, kemudian berkontribusi terhadap export merchandise KPop senilai Rp 17 Trilyun setiap tahunnya dan juga mendatangkan 2 juta turis asing untuk datang ke korea. Inilah kekuatan ekonomi kreatif.

Baca Juga :  Hoax !! Tim Covid Hunter Turun Malam Hari.

Kesuksesan group musik dalam pentas dunia memang memberikan dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi bangsanya. Sehingga kombinasi yang kuat dengan adanya strategi bisnis, manajemen kelas dunia dan kreatifitas musik bisa menghantarkan pertumbuhan ekonomi. Pada akhir tahun 2020, Big Hit sebagai pemilik BTS berhasil melakukan go public untuk penjualan sahamnya yang menyebabkan valuasi perusahaannya meningkat menjadi Rp 80 trilyun, sehingga masing masing anggota BTS mendapatkan bonus saham senilai Rp 200 milyar dan mendapatkan gaji sekitar Rp 100 milyar / tahun.

Kekuatan utama dari industri kreatif terletak apda sumber daya manusianya untuk selalu menghasilkan pengetahuan atau produk kreatif, atau disebut knowledge-based business. Industri kreatif ini perlu terus di dorong, agar kita tidak selalu tergantung dengan keunggulan sumber daya alam seperti minyak bumi.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Copyright © 2020 Tim Digital Bojonegoro.com - Redaksi - Kontak

X