Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

FKPQ Lembaga Mitra Kemenag, Bukan Bagian dari Struktur Organisasi

IMG 20211105 WA0031

Bojonegoro.com – Forum Komunikasi Pendidikan Qur’an (FKPQ) dinyatakan sebagai lembaga yang menjadi bagian dari struktur organisasi di Kementerian Agama (Kemenag). Keberadaannya diakui sebagai mitra dalam mendukung visi dan misi Kemenag.

“FKPQ adalah lembaga mitra kami, tapi bukan bagian dari struktur organisasi yang ada dalam Kemenag,” kata Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (Kasi PD Pontren) Kantor Kemenag Bojonegoro, Zainal Arifin, kepada Bojonegori.com, Jum’at, 05/11/2021.

Sebagai mitra kerja, menurut Zainal, FKPQ ini banyak membantu Kemenag dalam metode-metode pengembangan pembelajaran untuk Guru TPQ (Taman Pendidikan Qur’an). Dalam metodenya, ada yang berbasis An-Nahdliyah yang dikembangkan oleh NU, dan ada pula metode yang dikembangkan oleh BKPMRI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia).

“Ini memang mitra kerja kami, dan memang boleh, tidak ada masalah,” tegasnya.

Dijelaskan, keberadaan FKPQ karena bekerja sama dengan Kemenag diakui membuat pekerjaan menjadi lebih ringan karena terbantu dari sisi metode pembelajaran di TPQ. Meskipun demikian, keberadaan FKPQ disebut secara tegas bukan khusus diadakan agar mendapat Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) TPQ.

“Tidak ada pedoman teknis bahwa BOP harus melalui FKPQ. Alur bantuan itu berbasis EMIS. Sebetulnya dari Kemenag ya langsung ke TPQ. Sepanjang LPQ itu terdaftar di Kemenag, otomatis berhak mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Diterangkan, EMIS adalah kepanjangan dari Education Management Information System. Merupakan sistem manajemen data pendidikan Islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan pendidikan Islam pada Kemenag.

Sementara disinggung mengenai peristiwa hukum yang menjerat salah satu oknum di FKPQ, Zainal menyebut hal itu sebagai insiden yang kebetulan tersangka pelaku adalah oknum dari FKPQ. Ia pribadi mengaku prihatin dengan kejadian tersebut.

Baca Juga : 

“FKPQ ini banyak membantu kami, khususnya dalam pembelajaran di TPQ. Bukan hal lain lo ya. Saya kira semua prihatin dengan insiden ini, yang kebetulan oknumnya dari FKPQ,” ujar pria pemegang sabuk hitam karate Dan V ini.

Zainal menambahkan, bahwa Kemenag Bojonegoro, terbuka untuk bermitra atau bekerja sama dengan semua lembaga keagamaan Islam. Tak hanya dengan FKPQ saja. Disebutkan sejumlah organisasi keagamaan Islam yang bermitra dengan Kemenag yaitu, FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah), FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren), dan RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Kami bisa bermitra dengan organisasi keagamaan baik dari NU, Muhammadiyah dan lain sebagainya. Tentunya yang bisa membantu visi misi dan program dari Kemenag,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dalam perjalananya mengarungi liga 3 PSSI Jatim,  Tim kesebelasan Sepak bola kebanggaan warga kota Bojonegoro Persibo kembali menjalani Pertandingan Uci coba melawan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Perhelatan akbar Pekan Olah Raga Dan Seni (Porseni) tingkat Madrasah Aliyah Se-Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 usai digelar. Ajang bergengsi yang diikuti...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Selain menggelar kontes dan pameran ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) juga membuka pameran olahan hasil peternakan...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik, Pemkab Bojonegoro mengikuti gelar pameran dan simposium inovasi pelayanan publik Jawa Timur tahun 2023 di Jatim Park...

X