Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
F33svOIq3bphQd1k

Kebijakan

Fokus Penataan Air Pertanian, Pemkab Bojonegoro Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) pada 2022 ini fokus melakukan penataan air untuk pertanian melalui rehabilitasi jaringan irigasi. Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi pertanian di Bojonegoro.

Sesuai data Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro, pada 2022 telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi di 114 titik yang tersebar pada 136 Daerah Irigasi (DI). Jaringan ini dalam kewenangan kabupaten dengan total panjang saluran 18.759,50 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Air Baku dan Irigasi Dinas PU SDA Bojonegoro Bungku Susilowati mengatakan, salah satu pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi kewenangan kabupaten, yakni jaringan irigasi Dander (Selatan) dan Jaringan Irigasi Nglambangan (Barat). Selain itu juga melakukan pengerjaan DI Pacal (Timur) kewenangan pusat.

Progres rehabilitasi saluran Irigasi DI Dander, di Desa Dander, Kecamatan Dander sepanjang 426 meter. Sementara, pada DI Nglambangan, dilaksanakan perbaikan saluran irigasi sepanjang 2.050 meter. Rehabilitasi ini juga untuk mengembalikan kapasitas tampungan Waduk Nglambangan karena adanya pendangkalan akibat sedimentasi. Untuk ke depan akan ada normalisasi atau pengerukan sedimen.

“Kegiatan saluran irigasi yang tersebar di 136 DI kewenangan kabupaten, yang dikerjakan di APBD dan P-APBD tahun ini,” jelasnya Senin (26/12/2022).

Sedangkan DI kewenangan pusat yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, diantaranya DI Pacal. Dan DI Kewenangan Propinsi yaitu DI Pirang, DI Cawak dan DI Leran. Untuk operasional dan pemeliharaanya (OP) keduanya dilakukan langsung oleh BBWS Bengawan Solo dan UPT PSDA Propinsi Jatim.

“Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tetap bersinergi dengan pusat. Sehingga pemanfaatan jaringan irigasi pada DI kewenangan pusat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X