Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kebijakan

Fokus Penataan Air Pertanian, Pemkab Bojonegoro Rehabilitasi Jaringan Irigasi

F33svOIq3bphQd1k

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) pada 2022 ini fokus melakukan penataan air untuk pertanian melalui rehabilitasi jaringan irigasi. Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi pertanian di Bojonegoro.

Sesuai data Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro, pada 2022 telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi di 114 titik yang tersebar pada 136 Daerah Irigasi (DI). Jaringan ini dalam kewenangan kabupaten dengan total panjang saluran 18.759,50 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Air Baku dan Irigasi Dinas PU SDA Bojonegoro Bungku Susilowati mengatakan, salah satu pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi kewenangan kabupaten, yakni jaringan irigasi Dander (Selatan) dan Jaringan Irigasi Nglambangan (Barat). Selain itu juga melakukan pengerjaan DI Pacal (Timur) kewenangan pusat.

Progres rehabilitasi saluran Irigasi DI Dander, di Desa Dander, Kecamatan Dander sepanjang 426 meter. Sementara, pada DI Nglambangan, dilaksanakan perbaikan saluran irigasi sepanjang 2.050 meter. Rehabilitasi ini juga untuk mengembalikan kapasitas tampungan Waduk Nglambangan karena adanya pendangkalan akibat sedimentasi. Untuk ke depan akan ada normalisasi atau pengerukan sedimen.

“Kegiatan saluran irigasi yang tersebar di 136 DI kewenangan kabupaten, yang dikerjakan di APBD dan P-APBD tahun ini,” jelasnya Senin (26/12/2022).

Sedangkan DI kewenangan pusat yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, diantaranya DI Pacal. Dan DI Kewenangan Propinsi yaitu DI Pirang, DI Cawak dan DI Leran. Untuk operasional dan pemeliharaanya (OP) keduanya dilakukan langsung oleh BBWS Bengawan Solo dan UPT PSDA Propinsi Jatim.

“Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tetap bersinergi dengan pusat. Sehingga pemanfaatan jaringan irigasi pada DI kewenangan pusat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Senin (20/5/2024) di halaman Pendopo Malowopati. Peringatan Harkitnas menjadi momentum menumbuhkan semangat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X