Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20221215 WA0050

Kabar

Galakkan Gemarikan, Pemkab Bojonegoro Rilis Ribuan Benih Ikan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) terus berupaya meningkatkan angka produksi dan konsumsi ikan. Salah satunya dengan menebar benih ikan di perairan umum meliputi embung, waduk dan kolam.

Hingga bulan Desember  tahun 2022,  sebanyak 936.300 ekor benih ikan Tawes dan Nila ditabur di perairan umum yang ada di 26 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Rinciannya benih ikan nila sebanyak 64.300 ekor, benih ikan tawes sebanyak 872.000 ekor.

Penebaran benih ikan di perairan umum tersebut diharapkan bisa menyeimbangkan ekosistem di air tawar, serta memberikan harapan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi ikan setiap harinya. Langkah Disnakkan ini juga untuk mendukung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan oleh pemerintah sebagai kegiatan kampanye dan promosi.

Pejabat Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap, Disnakkan Bojonegoro, Ibnu Hajar Abdi Nugroho mengungkapkan, penebaran benih ikan telah dilakukan Disnakkan Bojonegoro sudah sejak lama. Dimana penebaran benih ikan itu dilakukan atas permintaan dari kelompok masyarakat atau instansi.

Benih ikan tersebut berasal dari pembenihan di dua Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Desa Mojoranu Kecamatan Dander dan Desa Ngampal Kecamatan Sumberrejo.

“Bantuan benih itu ada dua jenis ikan yakni ikan Tawes dan Nila diberikan untuk masyarakat sesuai dengan surat permohonan benih dan verifikasi lokasi yang sudah dilakukan oleh petugas/penyuluh perikanan. Kami berharap bantuan benih ikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X