Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Gerakan Digdaya, Digital & Berdaya diluncurkan oleh Komunitas Tangan Di Atas

IMG 2708

Pada Kegiatan Musyawah Kerja Nasional (Mukernas) yang diselenggarakan di Makasar pada tanggal 7-9 Juni 2022, Komunitas Wirausaha Terbesar di Indonesia meluncurkan Gerakan TDA Digdaya yang merupakan singkatan dari Digital & Berdaya. Suatu inisitiaf yang dilakukan oleh komunitas Tangan Di Atas untuk memberdayakan kewirausahaan anggota untuk anggota maupun masyarakat dengan berbagai inisiatif digital. Hal ini melanjutkan dengan gerakan sebelumnya yaitu Kolaboraksi untuk negeri.

Presiden TDA 7.0, Ibrahim M Bafaqih, menjelaskan bahwa DigDaya merupakan singkatan dari Digital dan Berdaya yang juga memiliki arti tangguh dan kuat, hal ini sejalan dengan visi komunitas TDA yaitu menjadi komunitas wirausaha yang berkelimpahan dan memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

Kontribusi yang dilakukan TDA dalam pemberdayaan anggota berupa gerakan 1000 Kelompok Mentoring Bisnis yang pada pertengahan periode telah tercapai lebih dari 450 kelompok. Serta aktif dalam diskusi dengan pemerintah dalam hal ini Kementrian UMKM dan Koperasi terkait kegiatan Patenprenuer dan lembaga Pusat Layanan Umum Terpadu atau PLUT UMKM, dan juga terlibat dalam program magang kerja yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Terkait Digital, TDA sejak awal berdiri sudah akrab dengan dunia digital, karena pendirian TDA sendiri melalui mailing list dan blog sebagai sarana digital pada waktu itu. Yang digunakan oleh para anggota sebagai media sharing pengetahuan. Kata Ibrahim pada hari Rabu, 8 Juni 2022.

Kemudian dengan dilaunchingnya TDA Digdaya, pemberdayaan anggota akan lebih masif dan besar lagi melalui platform TDA Passport. Sehingga akan menjadi ekosistem digital untuk pengembangan UMKM khususnya bagi para anggota.

TDA passport memang menjadi sebuah ekosistem baru bagi member TDA, pasalnya di TDA Passport terdapat berbagai fitur yang bisa menjawab kebutuhan member seperti materi edukasi, event-event pusat atau daerah, halo mentor serta fitur berbagai fitur lainnya sehingga menjadikan member TDA semakin DigDaya.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Ikuti RUPS Tahunan PT ADS, Pj Bupati: Tingkatkan Sinergitas dengan Para Stakeholder 

Ibrahim menjelaskan pada periode 7.0 ini TDA mengusung spirit berdaya. Dengan spirit ini diharapkan member TDA tidak hanya bisa berdaya bagi bisnisnya sendiri, melainkan juga untuk lingkungan.

Sementara itu, Majelis Wali Amanah TDA Eko Desriyanto menyampaikan harapannya di Mukernas, dimana TDA akan mengumpulkan teman-teman dari berbagai latar belakang, baik itu profesional, karyawan hingga ibu rumah tangga yang ingin berkembang di jalur kewirausahaan.

“Dalam komunitas ini, kemudian akan saling berbagi pengetahuan. Saling membantu dari yang usahanya sudah di atas hingga ke yang mikro. Konsep inilah yang membesarkan TDA hingga ada di 102 daerah seluruh Indonesia,” kata Eko.

Mukernas TDA juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, perwakilan Walikota Makassar serta perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan yang menyambut baik acara mukernas dan berharap TDA bisa memberikan kontribusi besar bagi Sulawesi Selatan khususnya serta umumnya untuk Indonesia.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Pelatih Persibo I Putu Gede sudah hadir di Bojonegoro untuk memimpin latihan dan seleksi pemain di Stadion Letjend H Sudirman Selasa sore...

Olahraga

Bojonegoro.com – Cidera yang berkepanjangan yang diderita Tariq El Janabi pemain Persibo Bojonegoro memaksa manajemen mencoret pemain berusia 39 asal Casablanca Maroko ini, Tariq...

Olahraga

Bojonegoro.com.- Guna membentuk tim yang solid dalam menghadapi putaran Nasional Liga 3 April mendatang, Persibo Bojonegoro melakukan pertandingan uji coba melawan Persenga Ngadirejo Widang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) Kabupaten Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang beras Bulog Kecamatan Kalitidu dan gudang beras...

X