Connect with us

Hi, what are you looking for?

Profile

Gusti Noor, Herbalis danTerapis Kesehatan Dengan Metode Pengobatan Kedokteran Timur

IMG 20220312 065233

Bojonegoro.com – Akupuntur, kalau mendengar istilah itu maka yang terlintas dipikiran kita adalah pengobatan atau terapi kesehatan dengan menggunakan jarum dan dilakukan oleh orang tua yang ahli kungfu, seperti adegan di film film China.

Tapi pemikiran itu akan segera runtuh saat kita mengenal Gusti Noor Barokatin Ismilah gadis 26 tahun asal desa Kenep Kecamatan Balen.

Mengenyam pendidikan D3 Pengobatan Tradisional Fakultas Vokasi di Universitas airlangga, Atin begitu nama pangilanya mendapatkan ilmu tentang Akupuntur. Gadis manis ini terhitung masih muda, Atin memulai menjadi seorang terapis 3 tahun lalu.

Meski disebut sebagai pengobatan tradisional, teknik akupuntur yang dilakukan terapis ini juga ada sentuhan modern, dalan prakteknya dibantu dengan alat yang namanya Elektrostimulator, alat ini untuk membantu stimulasi di titik” meridian pada tubuh dengan instrumen listrik, frekuensi, dan waktu tertentu. Dimana Akupunktur di padukan ElektroStimulator menghasilkan keseimbangan energi (qi) dalam tubuh sehingga dapat mempercepet proses penyembuhan. Gelombang listri pada stimulator memiliki tengangan yang relatif kecil

Gadis ceria dengan zodiak Sagitarius ini menerapkan ilmunya untuk membantu sesama yang membutuhkan ketrampilannya dalam pengobatan tradisional, Atin memilih mendedikasikan hidupnya untuk mendalami pengobatan akupuntur dengan teknik dari China. Sebagian terapis lebih suka disebut sebagai kedokteran timur.

Metode Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek pengobatan tradisional China dimana praktisi terlatih merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit untuk mengobati berbagai macam penyakit, rasa sakit dan gejala yang berhubungan dengan stress.

Setidaknya ada 2 alasan Atin memilih Akupuntur sebagai jalan hidupnya yang pertama adalah dari kecil sudah terbiasa melihat pengobatan tradisional, maklum bapaknya selain seorang tenaga pengajar juga seorang terapis dan Herbalis, dan alasan ke 2 ingin membantu banyak orang agar tetap sehat dan bugar dengan ilmunya.

Baca Juga :  Lia Yunita, Pemandu "Sapa Bojonegoro" Malowopati FM, Berbagi Informasi Positif di Pagi Hari

Setiap harinya Atin menerima pasien dirumahnya, Pasiannya tidak hanya dari Bojonegoro namun banyak juga datang dari Berbagai kota di Jawa timur dan Jawa tengah, bahkan ada yang ada dari luar Jawa.

Saat awak media bojonegoro.com bertanya penanganan apa saja yang bisa dilakukan dengan akupuntur, Atin menjawab pada prinsipnya semua jenis penyakit bisa ditangani dengan metode ini, karena yang kita terapi adalah sistem organ yang terganggu dari keluhan pasien, jelasnya,

Selain berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan sampai yang berat bisa tertangani dengan metode akupuntur, tidak hanya penanganan penyakit namun akupuntur juga bisa menjadi metode perawatan kecantikan, imbuh Atin.

” Banyak juga yang datang kesini untuk perawatan kecantikan, ingin wajahnya lebih tirus, pingin lebih kurus, ingin cepat hamil sampai masalah kebugaran lelaki,” ungkapnya

Saat disinggung berapa yang harus keluar dari kocek pasien untuk mendapatkan terapi akupuntur, Atin menjawab “saya tidak pernah mematok tarif, seikhlasnya saja, yang penting pantaslah jawabnya. Lebih lanjut Atin menyampaikan pasien yang sakit atau ingin perawatan kecantikan untuk mendapatkan hasil yang optimal harus diterapi sebanyak 12 kali dengan waktu yang ditentukan sesuai jenis dan beratnya sakit yang dideritanya.

Tingkat kesembuhan tergantung stadium penyakit atau keluhan yang di derita pasien, kondisi kekuatan tubuh pasien juga berpengaruh dengan tingkat kesembuhan, dan ini menjadi pertimbangan harus berapa kali pasien mendapatkan terapi, prinsipnya semua sakit bisa diatasi yang membedakan adalah sebanyak banyak pertemuan terapinya

Setelah mendapatkan terapi, pasien dikasih obat herbal sesuai kebutuhan dan keluhan, Jadi konsultasi terkait keluhan pasien sangat ditekankan dalam terapi saya, harus ada edukasi di setiap keluhan pasien. Ini terkait dengan apa yang mesti dilakukan oleh pasien terkait pola makan atau pola hidup, dalam praktek terapi Akupuntur, Atin tidak sepenuhnya melarang Pasien mengkonsumsi makanan, namun lebih untuk menghidari dan mengurangi jenis makanan tertentu, Bukan tarak sepenuhnya, kalau istilah Jawanya, Jadi pasien tetep konsumsi makanan dengan banyak variasi agar nutrisinya tetap terjaga dan tercukupi, jelasnya.

IMG 20220312 062404

Atin, saat praktek pengobatan dengan metode akupuntur.

Selain pengobatan tradisional dengan metode akupuntur, Atin juga memiliki kemampuan dalam pijat, totok wajah, dan Herbalis.

Baca Juga :  Lia Yunita, Pemandu "Sapa Bojonegoro" Malowopati FM, Berbagi Informasi Positif di Pagi Hari

Bagi warga net yang ingin menggunakan jasa terapi akupuntur Atin bisa langsung datang ke desa Kenep Rt. 02 Rw. 01
kecamatan. Balen. Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur atau bisa menghubungi terlebih dahulu di nomer +6285746668100 (WA).

Terapi akupunktur adalah teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil dan halus pada titik-titik tertentu di tubuh. Di samping dapat menghilangkan rasa sakit, terapi akupunktur diketahui memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan.

Akupunktur dilakukan berdasarkan kepercayaan Tiongkok bahwa penyakit bisa muncul jika aliran energi atau orang mengenalnya dengan aliran Qi terhambat. Melalui penusukan di titik-titik tertentu, akupunktur dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Profile

Bojonegoro.com – Selamat Pagi Bojonegoro – Hallo Bojonegoro, Sapaan itu selalu terdengar setiap hari dari seorang penyiar radio Malowopati FM 95,8 MHz. Itu adalah...

X