Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230110 WA0021

Ekonomi

Hari Pertama Aktifitas, Pemkab Bojonegoro Gelar Gebyar Pasar Wisata 2023 Semarakkan Perekonomian Warga

Bojonegoro.com – Setelah satu tahun lamanya diresmikan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Pasar Wisata kini sudah mulai beroperasi. Pemkab Bojonegoro menggelar Gebyar Pasar Wisata Bojonegoro Tahun 2023 di Jalan Kopral Kasan, Kelurahan Banjarejo, Selasa (10/1/2023). Gebyar “Gebyar Pasar Wisata” diselenggarakan selama 4 hari, 10-13 Januari 2023.

Sebagai pusat perbelanjaan modern bertemunya pedagang dan pembeli, Pasar Wisata menjadi harapan baru bagi pedagang maupun pembeli di masa transisi/peralihan dari pasar kota lama menuju Pasar baru (Pasar Wisata).

“Alhamdulillah pada hari ini Pasar Wisata sudah mulai beroperasi” terang Sukaemi selaku Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Dan Usaha Mikro Kab. Bojonegoro. Pasar Wisata nantinya akan beroperasi selama 24 jam, misalkan pagi ibunya yang jualan, siang bapaknya , dan malam anaknya, monggo tidak masalah”.

Lebih lanjut Sukaemi menyampaikan saat ini Pemkab Bojonegoro memberikan keringanan bagi pedagang maupun pengunjung, sehingga belum menentukan besaran sewa lapak maupun retribusi, “ditempati dulu agar transaksi jual beli dapat berjalan dengan nyaman, dan gratis sampai waktu yang belum ditentukan, jelasnya.Semua ini dapat berjalan sesuai harapan berkat harmonisasi antara Pemkab Bojonegoro bersama pedagang.

Pasar Wisata memiliki desain bangunan yang kekinian dan letaknya yang strategis berseberangan dengan Pasar Burung. Pasar wisata dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan memadai, terdiri dari 2 lantai dan memiliki 1716 lapak, 206 toko, dan 1510 los. Selain itu Pasar Wisata memiliki fasilitas parkir yang luas, parkir bus, dan loading dok. Juga menyediakan fasilitas layanan lainnya seperti perbankan, kantor pelayanan pasar, toilet, troly dsb.

Dalam pelaksanaan Gebyar Pasar Wisata pemkab Bojonegoro menyiapkan lzonasi, diantaranya zonasi jajanan, zonasi buah-buahan, zonasi mracang/sayuran, zonasi ikan basah/kering, lalu ada zonasi warung yang berada di gedung A dan B lantai 1. Sedangkan di lantai 2 tersedia zonasi konveksi, sepatu, sandal, tas, celluler, penjahit dan bordir, dsb.

Baca Juga :  Penambahan Dinding di Lapak Pasar Burung Buana Lestari Menjadikan Pedagang Merasa Lebih Aman dan Nyaman

Kiki salah satu pedagang plastik kantong asal Ledok Kulon mengaku ga ada masalah meski harus pindah jualan dari Pasar lama ke Pasar Wisata ” kami percayakan kepada Pemkab, pasti ada langkah terbaik, ini kan baru proses peralihan, nantinya pasti akan berjalan normal sesuai harapan”. Begitu pula dengan Likanawati, pedagang sayur asal Desa Pacul mengaku senang, karena semua teman-teman pedagang sayur kompak semua mau pindah ke Pasar yang bari ini (Pasar Wisata).

Pasar Wisata Bojonegoro, terdiri dari 1.716 lapak. Terdiri 206 toko/kios dan 1.510 los. Di dalam pelaksanan hari ini, sudah disiapkan zonasi. Di antaranya Zonasi Jajanan berupa jajan kering, kue basah. Zonasi Buah-buahan, Zonasi Merancang (sayuran), Zonasi Ikan Basah dan Ikan Kering, dan Zonasi Warung.

Ke depan, lanjut dia, Pasar Wisata juga akan menghadirkan perbankan. Jika ingin transaksi pihak perbankan akan melayani. Dalam hal ini juga membantu pedagang, selain berjualan offline juga online.

“Kunci sudah dibagikan ketika pedagang sudah menempati. Jadi benar-benar tepat sasaran,” tuturnya.

Sukaemi juga menjelaskan alur parkir untuk para pedagang rengkek. Parkir pedagang rengkek dari pintu masuk (timur) membujur ke selatan. Begitu masuk langsung parkir. Sementara untuk para pengunjung juga disediakan parkir di area Pasar Burung dan Pasar Wisata.

“Pemkab Bojonegoro telah memerintahkan pada tim untuk mengedepankan pedagang agar merasa nyaman, aman dan tidak terbebani. Pasar Wisata ini untuk semua pihak. Dengan harapan Pasar Wisata eksis dan ramai,” pungkasnya.

Fasilitas Pasar Wisata di antaranya seperti operator informasi yang menjangkau semua area. Di antaranya musala dan kamar mandi di setiap lantai. Selain itu kantor pengelola pasar, lahan parkir luas yang dapat menampung sekitar 39 mobil dan 112 motor. Dilengkapi juga dengan loading dock atau tempat bongkar muat barang, serta fasilitas K3. Seperti instalasi fire hydrant dan fire alarm system. Untuk pengelolaan lingkungan, Pasar Wisata dilengkapi juga dengan IPAL dan TPS.

Baca Juga :  Puluhan Pedagang Lesehan Pasar Kota Gelar Tasyakuran Jelang Pindah ke Pasar Wisata

Hadir Asisten Administrasi Umum Setda Bojonegoro Ninik Susmiati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnandaka Tjatur, Kasatpol, Kadisdagkop UM, Camat Kota, perwakilan Damkar dan Penyelamatan, BPBD, Kominfo, jajaran Polres dan Kodim, lurah dan kades, pelaku UKM, dan pedagang pasar kota lama.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X