Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

Hidayah Zahida, Entrepreneur Muda Pelopor Lukis Kain,Sarat Prestasi.

IMG 20200814 082831

BOJONEGORO– Kamis,14/08/20, Kerajinan tangan (Handicraft) adalah salah satu dari berbagai macam jenis hasil pekerjaan di mana benda-benda yang awalnya terlihat sederhana dapat dirubah menjadi barang yang berguna dan bernilai artistik tinggi yang dibuat benar-benar hanya dengan tangan dan menggunakan alat yang sederhana.

Kerajinan tangan merupakan sektor utama yang sifatnya tradisional, berlaku untuk berbagai kegiatan yang kreatif dan dekoratif yang terkait dengan membuat sesuatu dengan teknik tradisional dari keterampilan seseorang. Produk kerajinan dapat dipakai untuk penggunaan pribadi atau sebagai produk yang praktis dan estetika.

Bojonegoro mempunyai banyak pengrajin dan pengusaha handycraf, salah satunya yang menonjol adalah Zahida Painting, Zahida Painting bergerak dalam lukis kain, yaitu melukis di media baju,dompet, kudung,sepatu,tas,masker,dan masih banyak media kain lainnya.

Hidayah Zahida (40 Thn) adalah pemilik sekaligus pimpinan Zahida Painting, wanita perparas ayu pemegang gelar Sarjana Ekonomi STIE MalangKucecwara ini adalah kreator, dan motor dari usaha kerajinan tangan yang bergerak dalam lukis kain.

Menjalankan usaha lukis kain sudah dari tahun 2007, berawal dari hobi melukis dan membuat kerajinan dari planel, berkembang menjadi usaha yang sangat menjanjikan dari segi materi dan ekonomi.

IMG 20200728 WA0031

Hidayah zahida dan tas batik lukis karyanya.

Ditemui di rumah produksi dan galeri Zahida Painting jalan KH Mansyur no 58 Ledok wetan, Bojonegoro, Jawa Timur. Ibu cantik 2 anak ini menceritakan awal mula tertarik menggeluti usaha handycraf, khususnya lukis kain.

Sejak kecil suka membuat kerajinan tangan, waktu sekolah saat mendapat tugas membuat kerajinan,saya paling antusias dan mengerjakannya dengan baik.

Tahun 2006, Zahida mencoba memulai membuat kerajinan tangan dari kain planel, kain pita yang di padu padankan di baju,tidak diduga banyak kawan, kolega yang suka dan memesan karya Hidayah.

Baca Juga :  Parama, Siswa SMKN 1 Bojonegoro Meraih Juara 1 Lomba Foto Pelajar Jawa Timur.

Di tahun 2007 Mulailah keseriusan menekuni kerajinan tangan ini menjadi usaha yang lebih profesional. Lukis kain menjadi pilihan Zahida painting untuk usaha hand madenya ini.

Alasan memilih lukis kain karena fashion menjadi barang yang setiap orang memakainya, fashion bukan lagi menjadi sekedar pakaian keseharian namun sudah menjadi trend dan gaya hidup.

Mulailah Zahida painting membuat karya Lukis pada tas,baju,sepatu dan untuk memperkenalkan karyanya, Sahida inisiatif mengikuti banyak pameran kerajinan untuk Usaha kecil menengah (UKM) di Jawa timur khususnya di Bojonegoro.

Sekian tahun bergelut dengan lukis kain, dari banyak pameran,produk Zahida mulai menuai hasil, dibuktikan dengan diterimanya sederet penghargaan dari tingkat lokal Bojonegoro, Jawa timur hingga penghargaan di tingkat Nasional.

Sederat penghargaan yang pernah diterima Hidayah bersama Zahida Painting diantaranya adalah :
~ Juara Nasional Pemuda Pelopor bidang kewirausahaan oleh kementrian olahraga dan pemuda Republik Indonesia tahun 2010.
~ Juara terbaik “Bojonegoro women on management” oleh Exxon Mobile dan YILB Jakarta tahun 2010
~ Juara wirausaha perempuan tingkat Provinsi Jawa timur oleh dinas koperasi dan UMKM Jawa timur tahun 2010
~ Penghargaan desain terbaik dalam Bojonegoro Nature Fashion week tahun 2017.
~ Penghargaan sebagai “UMKM naik kelas” dari Gubernur Jawa timur 2018.
~ Penghargaan sebagai UMKM paling WOW 2018 dari kementrian koperasi UMKM RI dan ICSB Indonesia.
dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima oleh Hidayah Zahida.

Prestasi sebagai Entrepreuner muda sukses, dan banyak capaian yang diraih, berpengaruh baik dengan masa depan Hidayah,wanita ayu pemilik tinggi 167 cm ini sering dipercaya oleh Lembaga dan Instansi Pemerintah untuk melatih dan memberi motivasi bagi pengusaha kerajinan kecil dan menengah baik hampir di seluruh wilayah Jawa timur.

IMG 20200814 085125

Hidayah Zahida memberikan pelatihan Batik Lukis bagi pelaku UKM

Kini Zahida painting tumbuh menjadi usaha yang berskala nasional, karya Zahida banyak di minati desainer Indonesia,karena mampu menembus pasar Nasional, karya Zahida dilirik perancang busana kenamaan dengan menggandeng Zahida menggelar pameran dan fashion show bareng.

Baca Juga :  Pasar Keroncong Geliat Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Produk Zahida Painting sudah dikenal hampir seluruh Indonesia,150 lebih reseller tersebar di berbagai wilayah tertarik ikut bergabung mengenalkan dan memasarkan produk Zahida.

Hidayah memiliki obsesi dan motivasi kedepannya Zahida painting akan lebih meningkatkan lagi produk Zahida dengan inovasi sentuhan seni yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu targetnya tahun depan adalah menaikkan omset sekaligus menambah mitra kerja (reseller) dari 150 mejadi 500 tegas Hidayah.

Ditanya awak media apa arti Kemerdekaan, wanita pengusaha ini menjelaskan, arti kemerdekaan adalah terus bergerak maju menuju kesuksesan,meraih kemulian bersama orang-orang tercinta dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan ini pula,Hidayah memberi pesan khusus bagi entrepreuner muda Bojonegoro, Hari Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini hendaknya mampu dijadikan momentum pengusaha muda khususnya perempuan, “Jangan pernah berhenti belajar dan berproses agar menemukan jati diri, teruslah mencoba, jangan patah semangat, karena tidak berguna orang yang tidak bersemangat”, Merdekakanlah diri kita dari belenggu kemalasan,tutup Hidayah.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

YOGYAKARTA– Ki Seno Nugroho dalang fenomenal asal Jogjakarta di masa pandemi ini melakukan terobosan dengan melakukan Pertunjukan wayang ringkas 2 jam, live streaming YouTube...

Kabar

MAGELANG – Senin, 28/09/20 Candi Borobudur adalah icon Kota Magelang, semua orang tahu, tapi bagi penggemar tanaman hias, khususnya anggrek, Magelang adalah kota budidaya...

Wisata

JOGJAKARTA-  Minggu, 27/09/0 Malioboro icon wisata Yogjakarta yang sangat termasyhur ini berangsur pulih setelah sempat ditutup dimasa pandemi. Sejumlah destinasi wisata di Kota Yogya mulai...

Wisata

JOGJAKARTA– Alun-Alun Kidul Jogjakarta merupakan salah tujuan wisata favorit wisatawan dan tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Saat sore...

X