Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220223 WA0075

Kabar

HPSN 2022, Pemkab Bojonegoro Luncurkan Program Bank Sampah Digital

Bojonegoro.com – Sebagai langkah dan upaya pengendalian dan pengelolaan sampah yang dihasilkan warga setiap tahunnya,  Pemkab Bojonegoro menggelar acara launching program Bank Sampah Digital melalui satu desa satu bank sampah, acara digelar di Pendopo Malowopati jalan Mastumapel Bojonegoro, Rabu, 23/02/2022.

Launching program ini sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari. HPSN menjadi pengingat bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro Sami’un saat acara launching Bank Sampah Digital menyampaikan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama masyarakat. Kampanye pengelolaan sampah perlu terus digaungkan.

“Harapannya tahun ini pengelolaan sampah juga turut berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca,” ucapnya

Sami’un juga menjelaskan bahwa di era digital, Pemkab Bojonegoro membuat program bank sampah digital di mana nantinya akan memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan manfaat sampah bagi kesejahteraan masyarakat.

“Yakni melalui program satu desa satu bank sampah yang nantinya akan menumbuhkan optimisme masyarakat dan berbagai pihak dengan meningkatkan kesadaran dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah untuk kualitas hidup yang lebih baik,” jelasnya.

Ia juga menambahkan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup juga meggelar beberapa acara yaitu lomba cipta daur ulang sampah, lomba video lingkungan yang diikuti oleh kelompok yang diikuti oleh bank sampah, fashion show dengan kostum atau bahan daur ulang serta pameran produk kerajinan daur ulang.

IMG 20220223 WA0087

Salah 1 peserta yang memamerkan Kostum karya daur ulang sampanya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan, bahwa dahulu orang menganggap bahwa sampah merupakan hal yang tidak berharga. Namun sekarang sampah bisa diolah sebagai barang berharga menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Baca Juga :  Relawan PMI Bojonegoro Borong 5 Piala dalam Ajang TKR Jatim

Maka dari itu, Bupati Anna berpesan bahwa Pemkab Bojonegoro selalu berusaha untuk melakukan upaya pengendalian serta pengelolaan daur ulang sampah. Bupati Anna bangga dan mengapresiasi acara ini.

“Ini merupakan sebuah motivasi diri untuk mendaur ulang sampah, menjadi barang yang yang lebih berharga dan bermanfaat,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com –  Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) di Zona 1 (satu) digelar di Jalan Poros Desa Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT) Kecamatan Kanor....

X