Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220807 WA0006

Pendidikan

Indeks Pembangunan Manusia Bojonegoro Alami Lompatan Tinggi Setara Nasional di 2024

Bojonegoro.com – Beasiswa pendidikan yang menjadi program Pemkab Bojonegoro dipastikan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warganya. Diprediksikan di tahun 2024 mendatang, IPM Bojonegoro mencapai angka tertinggi, yakni 72.08 bahkan lebih.

Peningkatan IPM Bojonegoro dari tahun ke tahun tidak terlepas dari gebrakan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dengan realisasi program beasiswa, diantaranya adalah beasiswa 1 desa 2 sarjana, beasiswa Scientist, beasiswa RPL Desa dan Beasiswa tingkat akhir.

Beasiswa pendidikan di Kabupaten Bojonegoro menarik perhatian para akademisi untuk melakukan kajian dan penelitian, Tiga peneliti tersebut adalah Handoko Wijoyo, Faridatul Istighfaroh, dan Saiful Anam akademisi dari Universitas Bojonegoro (Unigoro).

Hasil penelitian telah dipublikasikan di Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 20 (1), Juni 2022 dengan judul ‘Human Resources Investment through the Scholarship Program Implementation for Sustainable Development in the Local Region”.

Handoko Wijoyo, sebagai peneliti utama menjelaskan, Kabupaten Bojonegoro kini menyumbang 30 persen kebutuhan minyak nasional. Namun, Bojonegoro tak bisa hanya bergantung pada sumber daya alam (SDA) tersebut, dan harus mulai di konversi menjadi sumberdaya manusia (SDM), Sehingga program beasiswa pendidikan merupakan langkah tepat.

“Desainnya adalah memberi hak yang sama pada generasi mendatang menempuh pendidikan tinggi secara gratis. Melihat Instrumen peningkatan SDM yang dilakukan Bupati saat ini melalui berbagai program khususnya beasiswa, menarik untuk diamati. Bersama tim, kamj mencoba memprediksi angka IPM Bojonegoro pada 2024 mendatang,” tuturnya, Sabtu (6/8/2022).

Forecasting artinya peramalan dengan pendekatan penelitian, dengan mengunakan penerapan metode double exponental smooting. Hasilnya ditemukan angka IPM 72.08 pada 2024 mendatang dengan mengambil angka statistik 12 tahun kebelakang. Lonjakan IPM cukup besar dapat meningkat lagi jika penetrasi kebijakan pendidikan digenjot lagi, terang Handoko.

Baca Juga :  Komitmen dalam Pendidikan dan Keagamaan, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan Insentif Bagi Guru TPA/TPQ di 2023

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), angka IPM Bojonegoro dari tahunbke tahun mengalami peningkatan dengan trend naik. Pada 2019 IPM mencapai 68.75, di tahun 2020 naik menjadi 69.04, dan di tahun 2021 menjadi 69.59. dengan itu diprediksi akan terjadi lompatan tinggi nilai IPM pada tahun 2024.

“Dilihat tiga tahun ini, kebijakan terkait beasiswa sangat masif, Ribuan masyarakat Bojonegoro mendapat akses pendidikan tinggi secara gratis. Mulai beasiswa 2 sarjana per desa, beasiswa scientist, beasiswa RPL Desa, beasiswa tugas akhir dan lainnya,” terangnya.

Peramalan IPM Bojonegoro ke depan ini didasarkan pada analisa bahwa para penerima beasiswa tersebut kebanyakan lulus kisaran 2024 hingga 2026. “Pendekatan secara kuantitatif ini kita bisa dapatkan peramalan nilai IPM,” tutur Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Unigoro ini.

Dari data kuantitatif tersebut, penelitian kemudian dikembangkan lagi dengan pendekatan secara kualitatif dengan metode Triangulasi. Produk kebijakan kurun waktu tahun 2019 hingga 2022 mengenai beasiswa cukup banyak. Sejumlah MoU antara Pemkab Bojonegoro dengan pihak ketiga pada bidang pendidikan juga menjadi bagian penting penelitian ini.

“Kita bisa dapatkan kesimpulan bahwa SDM Bojonegoro akan setara Nasional jika dilihat dari nilai IPM. Secara nasional saat ini IPM berada di angka 72,29. Sedangkan nilai IPM Bojonegoro dapat melompat lebih tinggi lagi,” pungkasnya. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X