Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
logo hut ke 78 ri 169

Info

Ini Cara Penulisan HUT RI ke-78 yang Benar,

BOJONEGORO – Masyarakat Indonesia perlu mengetahui cara penulisan HUT RI yang benar agar tidak salah dalam pemakaiannya. Hal ini lantaran masih banyak tulisan maupun ucapan dapat digunakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lantas bagaimana tulisan HUT RI yang benar? Apakah HUT RI ke-78 atau HUT ke-78 RI?

Kesalahan penulisan HUT RI yang disertai dengan angka usia kemerdekaan ini masih kerap terjadi. Untuk mengetahui cara penulisan yang benar, simak penjelasan berikut ini.

Penulisan Hut RI Yang Benar

Sebagaimana diketahui, proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada 17 Agustus 1945 oleh Ir Soekarno. Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia rutin merayakan ulang tahun kemerdekaan pada 17 Agustus.

Nuansa ulang tahun kemerdekaan pun mulai terasa sejak memasuki bulan Agustus. Mulai pengibaran bendera di setiap rumah warga, dekorasi merah putih di pusat aktivitas masyarakat, hingga ucapan selamat melalui media sosial dan media massa.

Ucapan HUT RI yang digunakan masyarakat sangat beragam. Lantas bagaimana penulisan yang tepat dan benar?

Mengutip laman Universitas Brawijaya tentang ulasan penulisan HUT RI, terdapat kesalahan dari beberapa penulisan dalam ucapan HUT RI. penulisan HUT RI yang benar adalah dengan meletakkan angka “tahun perayaan” di sebelum nama negara. Kesalahan dalam penulisan ini dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda.

Contoh: penulisan HUT RI yang benar adalah HUT ke-78 RI, bukan HUT RI ke-78. Alasannya, jumlah angka 78 itu mengartikan jumlah ulang tahunnya bukan jumlah RI. Sementara itu Republik Indonesia yang disingkat RI hanya ada 1.

Untuk lebih memahaminya, berikut cara penulisan HUT RI yang benar dengan berbagai variasi penulisan:

Cara penulisan yang benar: HUT ke-78 RI

Cara penulisan yang salah: HUT RI ke-78

Cara penulisan yang benar: Hari Ulang Tahun ke-78 RI

Cara penulisan yang salah: Hari Ulang Tahun RI ke-78

Cara penulisan yang benar: Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

Cara penulisan yang salah: Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78

Cara penulisan yang benar: Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI

Cara penulisan yang salah: Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78.

Cara Penulisan Dirgahayu RI yang Benar

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika menggunakan kata “Dirgahayu”? Ya, kata ini juga populer digunakan masyarakat Indonesia dalam ucapan HUT RI.

Lantas bagaimana cara penulisan Dirgahayu RI yang benar?

Dikutip dari buku Kompas Bahasa Indonesia karya Abdul Gaffar Ruskhan, kata dirgahayu sering digunakan untuk menyatakan ungkapan selamat ulang tahun. Dirgahayu bermakna berumur panjang, maka dirgahayu menyatakan makna panjang umur.

Berdasarkan hal tersebut maka kata dirgahayu kurang tepat jika disandingkan dengan kata HUT. Karena masing-masing mengandung makna ucapan selamat ulang tahun.

Dalam laman Universita Brawijaya juga dijelaskan bahwa kata “dirgahayu” juga tidak tepat disandingkan dengan angka tahun perayaan. Alasannya, mengacu pada arti kata dirgahayu yakni “panjang umur” maka penyematan angka perayaan tidaklah tepat. Karena harapan dari ucapan HUT RI menggunakan kata “dirgahayu” adalah agar Republik Indonesia panjang umur tidak sebatas tahun tertentu.

Contoh cara penulisan Dirgahayu RI yang benar antara lain:

Cara penulisan yang benar: Dirgahayu Republik Indonesia

Cara penulisan yang salah: Dirgahayu HUT RI

Cara penulisan yang benar: Dirgahayu RI

Cara penulisan yang salah: Dirgahayu RI ke-78

Cara penulisan yang benar: Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia

Cara penulisan yang salah: Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-78

 

Tema HUT ke-78 RI

Tema HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 yang diusung adalah ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’. Tema tersebut dipilih sebagai representasi atas pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Diharapkan, tema tersebut dapat menjadi dorongan bagi Bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju. Pada momen ini, Indonesia telah menunjukkan aksi nyata yang progresif dan diharapkan jangan sampai berhenti melanjutkan pembangunan dengan semangat ‘estafet’.

Dalam perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

 

Logo Hut Ke-78 Ri

Adapun logo HUT ke-78 RI terdiri dari sejumlah angka 7 dan 8 yang saling bertaut satu sama lain. Angka 7 diisi tampak penuh berwarna merah sementara angka 8 berwarna merah putih dengan aksen garis mengikuti angka yang tak terputus.

Logo HUT ke-78 RI ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Nah, itulah penjelasan terkait cara penulisan HUT RI yang benar lengkap beserta tema dan logonya. Semoga dapat membantu ya.

 

Sumber : DetikSulsel

Foto : Situs Kemensetneg RI

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro resmi mulai dipimpin oleh Adriyanto, SE., MM., Ma., Ph.D, setelah dilantik sebagai Penjabat Bupati Bojonegoro, Minggu (24/9/2023). Pelantikan dan pengambilan...

Kabar

Bojonegoro.com – Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan nomor telepon ‘0852-8111-1235’ yang mengatasnamakan Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto. Nomor telepon hoax tersebut juga memasang profil Pj....

X