Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

Inisiasi Bupati, Bojonegoro Jadi Kawasan Peternakan Ayam Ras Petelur

IMG 20210725 WA0006

Bojonegoro.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro mengembangkan kawasan peternak ayam ras petelur. Langkah ini sebagai upaya menjadikan Bojonegoro tidak hanya sebagai sentra ternak sapi, kambing dan domba, akan tetapi juga ayam petelur.

Kepala Bidang Peternakan Disnakan Bojonegoro, Elfia Nur Aini mengatakan bahwa di tahun 2020 lalu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berinisiasi Kabupaten Bojonegoro akan dijadikan sebagai daerah kawasan ayam ras petelur. Maka dari itu pendampingan bagi peternak ayam ras petelur dimasukan dalam program prioritas unggulan Kabupaten Bojonegoro.

Keterbatasan dana APBD Bojonegoro yang disebabkan refocusing guna pendanaan covid-19, menjadi sebab di tahun 2020 kemarin Disnakan tidak mengeluarkan dana hibah ternak. Namun lebih difokuskan pemberian pelatihan kepada para peternak.

“Seperti pelatihan pembuatan pakan ternak konsentrat maupun dari hijauan bahkan pelatihan pupuk organik,” ucapnya

Lebih lanjut, di tahun 2020 lalu Disnakan sendiri telah mengajukan bantuan kepada Bank Indonesia untuk mendukung penguatan kelembagaan seperti pelatihan kepada kelompok peternakan ayam petelur. Dan hasilnya terlaksana pelatihan selama tiga hari serta peternak juga dipertemukan langsung dengan koperasi.

“Bimtek bagi peternak ayam petelur sendiri sudah terlaksana di 3 kawasan yakni, Kecamatan Baureno, Trucuk dan Kanor,” sambungnya.

Sementara itu, untuk tahun 2021, ada satu kelompok ternak yang akan mendapat pendampingan khusus terkait ternak ayam ras petelur, yaitu di kecamatan Baureno. Hal ini dikarenakan daerah tersebut sudah ada kawasan yang terdiri dari beberapa peternak yang mempunyai dasar ternak ayam ras petelur.

“Sejauh ini, masih dalam proses pelengkapan administrasi yang harus dicukupi,” ujar Elfia.

Ia juga berharap meskipun Bojonegoro masih dalam tahap merintis, dengan adanya pembinaan pendampingan ternak ayam ras petelur di Kecamatan Baureno setidaknya dapat menjadi rujukan sebagai contoh tempat pembelajaran bagi peternak lainnya.

Baca Juga :  Hari ke 4 Pasar Murah Mandiri, APMMIK Serahkan Paket Bantuan Produk lokal UKM/IKM untuk Lansia Warga Malo

“Karena sudah dalam suatu kawasan dan sudah ada kelompok ayam petelur , namun demikian sebagai indikator sudah banyak muncul peternak ayam petelur di bojonegoro”,pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Perhimpunan Auditor Internal Rumah Sakit Indonesia (PAIRSI) menyelenggarakan Hari Ulang tahunnya yang ke-2, kegiatan dilaksanakan di Ruang serba guna Rumah Sakit Islam...

X