Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM/UMKM

Inisiasi Bupati, Bojonegoro Jadi Kawasan Peternakan Ayam Ras Petelur

IMG 20210725 WA0006

Bojonegoro.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro mengembangkan kawasan peternak ayam ras petelur. Langkah ini sebagai upaya menjadikan Bojonegoro tidak hanya sebagai sentra ternak sapi, kambing dan domba, akan tetapi juga ayam petelur.

Kepala Bidang Peternakan Disnakan Bojonegoro, Elfia Nur Aini mengatakan bahwa di tahun 2020 lalu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berinisiasi Kabupaten Bojonegoro akan dijadikan sebagai daerah kawasan ayam ras petelur. Maka dari itu pendampingan bagi peternak ayam ras petelur dimasukan dalam program prioritas unggulan Kabupaten Bojonegoro.

Keterbatasan dana APBD Bojonegoro yang disebabkan refocusing guna pendanaan covid-19, menjadi sebab di tahun 2020 kemarin Disnakan tidak mengeluarkan dana hibah ternak. Namun lebih difokuskan pemberian pelatihan kepada para peternak.

“Seperti pelatihan pembuatan pakan ternak konsentrat maupun dari hijauan bahkan pelatihan pupuk organik,” ucapnya

Lebih lanjut, di tahun 2020 lalu Disnakan sendiri telah mengajukan bantuan kepada Bank Indonesia untuk mendukung penguatan kelembagaan seperti pelatihan kepada kelompok peternakan ayam petelur. Dan hasilnya terlaksana pelatihan selama tiga hari serta peternak juga dipertemukan langsung dengan koperasi.

“Bimtek bagi peternak ayam petelur sendiri sudah terlaksana di 3 kawasan yakni, Kecamatan Baureno, Trucuk dan Kanor,” sambungnya.

Sementara itu, untuk tahun 2021, ada satu kelompok ternak yang akan mendapat pendampingan khusus terkait ternak ayam ras petelur, yaitu di kecamatan Baureno. Hal ini dikarenakan daerah tersebut sudah ada kawasan yang terdiri dari beberapa peternak yang mempunyai dasar ternak ayam ras petelur.

“Sejauh ini, masih dalam proses pelengkapan administrasi yang harus dicukupi,” ujar Elfia.

Ia juga berharap meskipun Bojonegoro masih dalam tahap merintis, dengan adanya pembinaan pendampingan ternak ayam ras petelur di Kecamatan Baureno setidaknya dapat menjadi rujukan sebagai contoh tempat pembelajaran bagi peternak lainnya.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Workshop Wirausaha Muda, Diikuti Perwakilan dari 28 Kecamatan

“Karena sudah dalam suatu kawasan dan sudah ada kelompok ayam petelur , namun demikian sebagai indikator sudah banyak muncul peternak ayam petelur di bojonegoro”,pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

X