Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
n81O8Aez60kvQZQa

Kesehatan

Inovasi Smart Hospital Layanan Berbasis Digital RSUD Sumberejo Berikan Kenyamanan Pasien

Bojonegoro.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumberrejo terus melakukan berbagai inovasi berbasis teknologi dan digital guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah sakit. Baru baru ini RSUD Sumberejo memiliki inovasi Smart Hospital (Smash) yang menambah  kenyamanan pasien dan keluarga pasien.

Direktur RSUD Sumberrejo dr. Ratih Wulandari, MH menyampaikan dulu semua pelayanan menggunakan catatan manual, mulai pendaftaran, rawat inap, hingga bukti pelayanan. Hal ini kemudian menginisiasi diakselerasi SIM RS  (Sistem informasi management rumah sakit), yang berbasis teknologi informasi pada akhir 2019 lalu.

“Pada awal 2021, kita buat antrean online, akhirnya terus diintegrasikan. Kemudian pertengahan 2021 sudah terintegrasi ke semua sistem layanan rumah sakit,” jelasnya.

Menurut penjelasan dr Ratih, dalam inovasi Smash, ada empat pelayanan yaitu, Sistem administrasi pendaftaran antrian social media (Sapa Soulmate), Sistem informasi Pemberitahuan Informasi dan Pengaduan Terintegrasi (Si-Pipit), Pemberi Informasi Obat dan Jasa Layanan Antar Obat Gratis (Mas-Pio) dan Sistem Informasi Deteksi Resiko Tinggi Ibu Hamil (Si-Dek Risti).

“Inovasi tersebut memberikan layanan mulai dari pendaftaran, dan pelayanan di poli rawat jalan. Hal tersebut juga sudah terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jadi pelayanan apapun yang kita lakukan sudah terkoneksi dengan sistem di aplikasi BPJS dan verifikasinya lebih awal,”terangnya.

Direktur RSUD Sumberrejo tersebut menambahkan, bahwa inovasi ini bertujuan mengadaptasi pelayanan kesehatan di era baru pandemi Covid-19.

“Sampai H-7 sudah bisa daftar, misal dokter meminta untuk kunjung ulang 7 hari lagi, hari itu juga pasien bisa daftar untuk 7 hari lagi,”tandasnya.

Sementara untuk layanan Mas-Pio yaitu pengantaran obat gratis tersebut pihak RSUD Sumberrejo, tidak menggunakan dari tenaga eksternal untuk mengantar obat pasien, namun tetap ada petugas khusus dari RSUD Sumberrejo untuk menyampaikan informasi obat yang benar, tidak hanya mengantar juga memastikan obat diterima oleh penerima aslinya. Dengan Mas-Pio ini juga bisa mengambil masukan dan saran dari pasien.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Ajak Warga Waspadai Kusta Sejak Dini

“Tidak ada pembebanan pembiayaan kepada pengguna layanan Mas PIO, ada 3 pengantar yang dibagi per wilayah ada 12 kecamatan, paling tidak satu orang ada 3 sampai 4 kecamatan. Bahkan ada yang diantar sampai malam karena jauh, namun tetap akan diantarkan hari itu juga. Selain itu pernah ada yang orangnya tidak di rumah obatnya kita antar hari berikutnya, untuk diberikan langsung kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

dokter Ratih menambahkan pengantaran obat melalui layanan Mas-Pio sudah ditawarkan di bagian pendaftaran. Jika setuju untuk diantarkan pasien tersebut diminta tanda tangan, lalu jika pasien tersebut sudah diperiksa dokter dan mendapat resep, diberikan di bagian farmasi dan bisa langsung pulang. “Sebab obat akan diantarkan kerumah hari itu juga,” terangnya. [ai/red]

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X