Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Inovasi Smart Hospital Layanan Berbasis Digital RSUD Sumberejo Berikan Kenyamanan Pasien

n81O8Aez60kvQZQa

Bojonegoro.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumberrejo terus melakukan berbagai inovasi berbasis teknologi dan digital guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah sakit. Baru baru ini RSUD Sumberejo memiliki inovasi Smart Hospital (Smash) yang menambah  kenyamanan pasien dan keluarga pasien.

Direktur RSUD Sumberrejo dr. Ratih Wulandari, MH menyampaikan dulu semua pelayanan menggunakan catatan manual, mulai pendaftaran, rawat inap, hingga bukti pelayanan. Hal ini kemudian menginisiasi diakselerasi SIM RS  (Sistem informasi management rumah sakit), yang berbasis teknologi informasi pada akhir 2019 lalu.

“Pada awal 2021, kita buat antrean online, akhirnya terus diintegrasikan. Kemudian pertengahan 2021 sudah terintegrasi ke semua sistem layanan rumah sakit,” jelasnya.

Menurut penjelasan dr Ratih, dalam inovasi Smash, ada empat pelayanan yaitu, Sistem administrasi pendaftaran antrian social media (Sapa Soulmate), Sistem informasi Pemberitahuan Informasi dan Pengaduan Terintegrasi (Si-Pipit), Pemberi Informasi Obat dan Jasa Layanan Antar Obat Gratis (Mas-Pio) dan Sistem Informasi Deteksi Resiko Tinggi Ibu Hamil (Si-Dek Risti).

“Inovasi tersebut memberikan layanan mulai dari pendaftaran, dan pelayanan di poli rawat jalan. Hal tersebut juga sudah terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jadi pelayanan apapun yang kita lakukan sudah terkoneksi dengan sistem di aplikasi BPJS dan verifikasinya lebih awal,”terangnya.

Direktur RSUD Sumberrejo tersebut menambahkan, bahwa inovasi ini bertujuan mengadaptasi pelayanan kesehatan di era baru pandemi Covid-19.

“Sampai H-7 sudah bisa daftar, misal dokter meminta untuk kunjung ulang 7 hari lagi, hari itu juga pasien bisa daftar untuk 7 hari lagi,”tandasnya.

Sementara untuk layanan Mas-Pio yaitu pengantaran obat gratis tersebut pihak RSUD Sumberrejo, tidak menggunakan dari tenaga eksternal untuk mengantar obat pasien, namun tetap ada petugas khusus dari RSUD Sumberrejo untuk menyampaikan informasi obat yang benar, tidak hanya mengantar juga memastikan obat diterima oleh penerima aslinya. Dengan Mas-Pio ini juga bisa mengambil masukan dan saran dari pasien.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pangan Bergizi Seimbang, Wujudkan Masyarakat Sehat dan Produktif 

“Tidak ada pembebanan pembiayaan kepada pengguna layanan Mas PIO, ada 3 pengantar yang dibagi per wilayah ada 12 kecamatan, paling tidak satu orang ada 3 sampai 4 kecamatan. Bahkan ada yang diantar sampai malam karena jauh, namun tetap akan diantarkan hari itu juga. Selain itu pernah ada yang orangnya tidak di rumah obatnya kita antar hari berikutnya, untuk diberikan langsung kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

dokter Ratih menambahkan pengantaran obat melalui layanan Mas-Pio sudah ditawarkan di bagian pendaftaran. Jika setuju untuk diantarkan pasien tersebut diminta tanda tangan, lalu jika pasien tersebut sudah diperiksa dokter dan mendapat resep, diberikan di bagian farmasi dan bisa langsung pulang. “Sebab obat akan diantarkan kerumah hari itu juga,” terangnya. [ai/red]

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Ratusan warga Bojonegoro memadati lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Bulog di...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) menggelar rapat evaluasi dan persiapan penilaian Kabupaten Layak Anak...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro menggandeng para UKM pada Pameran The 24ʳᵈ Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang digelar...

X