Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230718 WA0008

Profile

Ipda Akbar, Anak Seorang Buruh Tani Sukses Menjadi Perwira Polisi Jalur SIPSS

Bojonegoro.com – Kisah inspiratif dari Akbar Adi Prasetyo, S.Pd, anak dari seorang buruh tani asal Bojonegoro ini berhasil menjadi Perwira Polisi setelah menyelesaikan Sekolah inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Akademi Kepolisian 2023.

Kegigihan dan kesabaran Akbar dalam meraih cita citanya untuk mengabdi kepada negara memang tergolong luar biasa, selalu gagal saat mendaftar di berbagai Matra jalur SMA tidak membuat Akbar putus asa, tahun 2018 Akbar memutuskan kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengambil jurusan pendidikan bahasa Indonesia dan lulus pada tahun 2022.

Momentum  dibukanya Rekrutmen polisi melalui jalur SIPSS 2023 menjadi titik awal Akbar meraih masa depannya, dengan semangat tinggi dan doa dari ke 2 orang tuanya, Akbar mendaftar dan berhasil melewati semua tes dan lolos bersama 13 rekannya yang menyisihkan ratusan peserta dari Jawa Timur, setelahnya bersama 100 siswa dari penjuru Indonesia menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah selama 5 bulan.

18 Juli 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi Akbar dan keluarganya, dimana dihari tersebut dilaksanakan upacara Pelantikan Perwira Polisi SIPSS, dilanjutkan dengan acara Purnawasis dan penempatan Pertama Perwira Remaja (PAJA) SIPSS 2023.

Sekolah Bahasa (Sebasa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri di Jakarta menjadi tempat bertugas dalam penempatan pertama IPDA Akbar Adi Prasetyo, S.Pd putra asli Kelurahan Klangon Bojonegoro ini.

Ditemui dirumahnya yang sangat sederhana, di jl Ade Irma Suryani N Gang Sidodadi II, disertai kedua orang tuanya IPDA Akbar menyampaikan, “kami diberi kesempatan cuti selama 12 hari paska pelantikan, namun meski begitu kegiatan mengurus administrasi, lapor di polres Bojonegoro dan Polda Jatim serta olah raga mandiri tetap wajib dilaksanakan,” tuturnya. Rabu, 19/07/2023.

Anak semata wayang dari M Chambali dan Ri’ah ini mengungkapkan dirinya  sempat mengajar di MTs Abu Darin Bojonegoro sebelum mendaftar di SIPSS.

” Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas kepercayaan Polri yang memberikan kesempatan dirinya untuk bergabung di SIPSS dan menjadi Anggota Polri, semoga bisa amanah dan menjalankan tugas dengan baik sesuai sumpah Tribarta dan catur Prasetya, ungkapnya.

Lebih lanjut Akbar menjelaskan, Bapak pekerjaannya hanya buruh tani, sawah garapannya di Tulungrejo Kecamatan Trucuk, sedangkan ibu sebagai tenaga pengajar di TK Aba Alam 2 Bojonegoro, Lolos tes dan kini menjadi Polisi seperti mimpi,” ujarnya.

Diakhir wawancara Akbar berpesan kepada adik-adik siswa Bojonegoro yang masih duduk di bangku sekolah, “Selama masih ada kesempatan untuk mencoba maka perjuangkan, jangan pernah kau matikan semangat untuk meraih impian karena kehidupan tidak akan berubah menjadi lebih baik jika kita hanya berharap tanpa adanya sebuah tindakan” pungkasnya.

 

Biodata

Nama : Akbar Adi Prasetyo, S.Pd

Tempat tanggal lahir : Bojonegoro, 23 Juli 1998

Alamat : JL. AIS. Nasution Gg. Sidodadi 2 Bojonegoro

Pendidikan :

Tahun 2004 – 2011 SD Negeri Kepatihan.

Tahun 2011- 2014 SMP Negeri 2 Bojonegoro.

2014 – 2017 – SMA Negeri 3 Bojonegoro.

2018 – 2022 – Universitas Muhammadiyah Malang

2023 – Lulus SIPSS

E-mail : akbaradipraset@gmail.com

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro resmi mulai dipimpin oleh Adriyanto, SE., MM., Ma., Ph.D, setelah dilantik sebagai Penjabat Bupati Bojonegoro, Minggu (24/9/2023). Pelantikan dan pengambilan...

Kabar

Bojonegoro.com – Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan nomor telepon ‘0852-8111-1235’ yang mengatasnamakan Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto. Nomor telepon hoax tersebut juga memasang profil Pj....

X