Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220323 WA0110

Kabar

IPM Bojonegoro 2021 Tertinggi Keempat di Jatim

Bojonegoro.com – Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bojonegoro terus membaik. Pada tahun 2021, IPM Bojonegoro peringkat 4 tertinggi di Jawa Timur.

Capaian IPM Bojonegoro ini sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Di atas Bojonegoro, ada tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Lumajang dan Sumenep.

“Bojonegoro punya potensi dari sisi pertumbuhan capaian IPM tahunan yakni di 2020-2021,” kata Kepala BPS Pemprov Jatim, Dadang Hardiwan melalui Bagian SKF Sosial, Hermanto, Rabu (23/3/2022).

Capaian IPM Bojonegoro tahun 2021 yang terus membaik dipengaruhi oleh meningkatnya seluruh indikator pembentuknya. Diantaranya indeks kesehatan, indeks pendidikan, maupun indeks pengeluaran per kapita per tahun yang disesuaikan.

“Untuk pertumbuhan komponen Angka Harapan Hidup, Bojonegoro berada di peringkat 3 dari 38 Kabupaten/Kota setelah Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso,” paparnya.

Sementara Harapan Lama Sekolah, Bojonegorp berada di peringkat 2 setelah Banyuwangi. Tapi, rata-rata lama sekolah pertumbuhan tahunan masih di peringkat 23 dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

Untuk pertumbuhan tahunan pengeluaran perkapita riil yang disesuaikan, Bojonegoro di peringkat 14 dari 38 kabupaten/kota.

IMG 20220323 WA0109

IPM Bojonegoro 2021

Sementara itu, untuk nilai IPM, BPS membagi 4 kelompok diantaranya Kategori Rendah jika nilai IPM kurang dari 60, Kategori Sedang jika nilai IPM 60 sampai <70, Kategori Tinggi jika nilai IPM 70 atau sampai <80, Kategori Sangat Tinggi jika nilai IPM 80 atau lebih.

“Tahun 2021, tidak ada daerah yang masuk kategori Rendah, Bojonegoro masuk kategori sedang dan masih terpaut 0,41 untuk masuk kriteria tinggi,” pungkasnya

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – 32 Tim bertanding di Grand Final ESprot Bupati Cup 2022 dan berusaha menampilkan yang terbaik,  dipandu 2 reporter pertandingan yang digelar di...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Muhamad Haviz Rizal Wibowo (13) dan Aurelia Zahara Asa (13) atlit renang potensial dari Bojonegoro mampu menorehkan prestasi yang membanggakan saat mengikuti...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

X