Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

Istana Madu, Sentra Madu Lebah Sukosewu, Konsumen Jangkau hingga Riau

IMG 20211010 WA0192

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro ternyata memiliki banyak sentra lebah yang memproduksi madu. Salah satu diantaranya adalah sentra produksi madu di Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu. Madu lebahnya banyak diminati konsumen hingga dari luar pulau.

Sentra lebah madu tersebut dikenal dengan Istana Madu. Nama itu diberikan oleh Lamsir yang memulai peternakan ini sejak tahun 2019 akhir bersama istrinya. Lebah yang dipilih ialah jenis apis melivera. Dalam peternakan ini ada 160 box yang tiap boxnya berisi 1 koloni.

Lamsir mengungkapkan tempat yang ia pilih sekarang mendukung bagi lebahnya. “Karena kelestarian alam yang baik juga baik untuk menunjang hidup lebah”, ungkapnya. Ia menambahkan bahwa lebah cukup hidup hanya dengan 4 unsur.

“Kalau di alam sudah ada nektar, polen, resin dan air, lebah bisa hidup menetap. Kalau sekarang kan pindah-pindah, nanti bulan November dipindah ke Subang karena disana sedang musim rambutan, cocok untuk kelangsungan lebah,” jelas Lamsir.

Disamping itu, makanan lebah juga bisa didapatkan dari bunga liar terutama mangga, akasia, dan rumput liat.

Madu dari Istana Madu ini dijual dengan harga Rp 150.000 untuk botol besar seukuran dengan botol marjan (460 ml). Sedangkan untuk botol kecil (140 ml) dijual Rp 50.000 per botolnya. “Ada juga yang jerigen 2kg dan 3kg, biasanya untuk pengiriman ke Jawa Barat atau Riau,” tutur Lamsir.

Bagi peminat yang ingin membeli, dapat langsung menghubungi melalui nomor WhatsApp 085204587624 (Lamsir) atau 081331626198 (Amin Nopita). Bisa juga datang langsung ke UD. Wijaya Madu beralamat di Jalan Tugu Payung Desa Mojodeso Kecamatan Kapas.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Perhimpunan Auditor Internal Rumah Sakit Indonesia (PAIRSI) menyelenggarakan Hari Ulang tahunnya yang ke-2, kegiatan dilaksanakan di Ruang serba guna Rumah Sakit Islam...

X