Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Jaga Kearifan Lokal, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Akan Menggelar Sedekah Bumi dan Pertunjukan Wayang Kulit

antarafoto festival dalang cilik 090621 hnd 2 ratio 16x9 1

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah bumi dengan menggelar serangkaian kegiatan diantaranya Manganan, pagelaran wayang kulit dan pementasan wayang Thengul, rencananya acara akan dimulai pada bulan Agustus hingga September 2024 mendatang.

Manganan atau sedekah bumi adakah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh warga kelurahan Banjarejo dengan maksud dan tujuan berkirim doa untuk para leluhur dan keluarga yang telah meninggal sekaligus menjaga tradisi kearifan lokal.

Pagelaran wayang kulit siang – malam rencananya akan digelar di parkiran pasar Banjarejo (belakang pasar). pada Sabtu (23/08/2024) dengan menampilkan Dalang kondang Ki Hadi Sukoco dari Banjarejo Bojonegoro, guna lebih menghidupkan suasana akan hadir bintang tamu yaitu Cak Gandul dan Cak Gandes dari kabupaten Blora yang siap mengocok perut penonton.

Sedangkan untuk pementasan wayang Thengul akan dilaksanakan siang dan malam juga di pelataran makam Mbah Dillah Banjarejo pada Jumat legi (6/09/2024) oleh Ki Suntoro dari Ngoro Gunung kecamatan Bubulan kabupaten Bojonegoro.

Guna menghormati pepunden yang berjuang menjadikan cikal bakal wewengkon (wilayah) Banjarejo, Ritual sedekah bumi atau Manganan akan digelar di area makam umum Banjarejo. Dimana ada 4 punden (sesepuh) yang dimakamkan yaitu Mbah Pendem Mbah Suro Wijoyo atau dikenal sebagai Mbah Suro Berok Mbah Dino dan Mbah Dillah.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala kelurahan Banjarejo kecamatan Bojonegoro Ahmad Yusuf, S.STP menyampaikan kegiatan sedekah bumi adakah agenda tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahun di penanggalan bulan safar. Selasa (9/07/2024)

“Seperti di tahun-tahun sebelumnya untuk uri-uri tradisi dan budaya kami akan menggelar pagelaran wayang kulit dan wayang Thengul siang dan malam” jelas Yusuf.

Baca Juga :  Tampilkan 22 Karyanya, Sanggar Anglingdarma Gelar Malam Pentas Seni

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat dan sebelumnya telah melalui rembuk warga dengan mengundang Ketua RT, ketua RW tokoh masyarakat, tokoh agama, Babinsa dan babinkamtibmas sebagai peserta rapat.

IMG 20240709 133612

Rembuk warga rencana gelar sedekah bumi

Masih menurut Yusuf yang sedikit membedakan gelaran sedekah bumi tahun ini adalah ada keterlibatan Event Organizer (EO) untuk menambah semarak dan meningkatkan kualitas suguhan pagelaran.

“Kami menggandeng EO Nano Intertaimen Bojonegoro hanya semata-mata untuk membantu lebih lancarnya terkait pementasan wayang saja, selebihnya semua mengikutsertakan peran serta dan keterlibatan warga, tegas Yusuf.

Dalam kesempatan ini selaku Kepala kelurahan Banjarejo, Yusuf mengajak semua warga untuk ikut dan berperan aktif dalam mensukseskan agenda tahunan ini.

“Ayo bersama-sama kita sukseskan  kegiatan ini dengan baik, guyub dan tertib” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

Kabar

Bojonegoro.com – Imbauan Suro Damai yang telah disepakati  untuk tidak melakukan konvoi saat pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), namun ada beberapa...

X