Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM/UMKM

Jajane Mba’He Plosolanang Jadi Pilihan Hiasi Meja Saat Hari Raya

IMG 20240403 WA0037

BOJONEGORO – Usai menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, Umat muslim akan merayakan hari kemenangan, Hari raya idul Fitri, kegembiraan mereka seringkali diwujudkan dengan memakai baju baru dan menyuguhkan berbagai jajanan dan makanan untuk menyambut saudara muslimnya yang secara bergantian melakukan anjang sama.

Tak heran jika memasuki bulan ramadhan penjualan baju dan makanan atau kue omsetnya melonjak drastis, dan itu artinya keuntungan bagi pelaku usaha yang memproduksi jajanan.

Bahkan pengusaha kue atau jajanan musiman bisa meraup keuntungan besar menjelang hari raya. Terlebih bagi produsen yang telah memiliki pelanggan setiap tahunnya.

Seperti halnya produsen kue kering yang yang memiliki lebel ‘Jajane Mba’He’, jajanan ini sudah cukup dikenal di wilayah Bojonegoro. Diproduksi di Dusun Plosolanang, Desa Campurejo, Kec/Kab. Bojonegoro, Jawa Timur jajanan kering mba’He’ ini memiliki pelanggan tetap di setiap tahunnya.

Memulai usaha sejak 1999 ‘Jajane Mba’He’ memiliki sejumlah produk andalan hasil buah tangan sendiri, Tak sedikit, para pecinta kue kering dari berbagai daerah telah merasakan cita rasa ‘Jajanan produksi Plosolanang ini.

Ratna (43) Pemilik produk sekaligus owner ‘Jajane Mba’He’ mengaku, pembuatan kue keringan ini tidak hanya dikerjakan saat menjelang hari raya, namun setiap hari jika ada pesanan dilayani

Menurut Ratna Pesanan kue menjelang lebaran bisa melonjak 20 kali lipat dari hari hari biasa, dan hampir setiap hari selalu ada pesanan jajanan dari pelanggan.

“Bila ada warga masyarakat yang membutuhkan kue keringan, asalkan waktunya tidak terlalu mendesak saya pasti akan layani,” ujar Ratna.

Untuk pesanan menjelang hari raya idul fitri tahun 2024 ini, dirinya mengaku telah menutup order sejak tanggal 29 Maret lalu. “Ya pesanan untuk tahun ini sudah saya tutup, karena melebihi target dan kemampuan produksinya tidak mencukupi”.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Rapat Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Beri Kenyamanan Bagi Pemudik

“Alhamdulillah, hampir setiap tahun pesanan kue kering yang saya terima selalu sesuai dengan target kemampuan. Saya tidak berani menerima pesanan terlalu besar khawatir tidak dapat melayani dengan baik,” ungkapnya.

Ratna menyebutkan, kue kering yang diproduksi sejak tahun 1999 itu diantaranya meliputi, kue mawar, kue kacang, lidah kucing, kastengel, nastar keranjang, nastar bulat (biasa dan premium), choco cookies, putri salju, sagu keju.

“Kira-kira ada sepuluh sampai dua belas jenis kue kering yang saya produksi selama ini. Syukur lah semuanya bisa diterima dengan baik oleh para pelanggan,” tambahnya.

“Kalau untuk hari-hari biasa, saya juga memproduksi pesanan kue basah, mulai dari lemper, donat, naga sari, bikang, pukis dan masih banyak lainnya,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Masih dalam suasana bulan suci ramadhan, Lintas Angkatan (Lintang) SMP Negeri 1 Bojonegoro menggelar halal bihalal dengan mengusung tema “Kanca Sekolah” Lintas...

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro dan Polsek jajaran menggelar patroli keamanan selama mudik Idul Fitri 1445 Hijriah. Kegiatan ini dilakukan mengingat banyak rumah kosong yang...

X